Waspadai Penipuan M-Banking, Kapolres Lhokseumawe Beri Tips Jitu!

  • Bagikan
Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto. Foto: Humas Polres Lhokseumawe

MITABERITA.com | Penipuan melalui layanan mobile banking (M-Banking) semakin menjadi ancaman serius di tengah masyarakat. Kapolres Lhokseumawe, AKBP Henki Ismanto, memberikan tips kepada masyarakat untuk menghindari jebakan penipuan tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir, Polres Lhokseumawe telah menerima laporan tentang penipuan yang menggunakan modus aplikasi M-Banking.

Para pelaku kejahatan siber menggunakan berbagai cara untuk menipu korban, seperti mengirimkan pesan SMS atau email palsu yang mengatasnamakan bank, serta melakukan panggilan telepon pura-pura sebagai petugas bank.

Salman Alfarasi, selaku Kasi Humas Polres Lhokseumawe, menyampaikan pernyataan dari Kapolres, agar masyarakat lebih waspada dalam menggunakan layanan M-Banking.

“Jangan pernah mengungkapkan informasi pribadi seperti PIN, password, atau kode OTP kepada siapapun, termasuk mereka yang mengaku sebagai petugas bank,” katanya, Selasa 18 Juni 2024.

Berikut adalah beberapa tips yang diberikan Kapolres untuk menghindari penipuan M-Banking:

Verifikasi Identitas Pengirim Pesan: Pastikan keaslian pesan atau email yang mengatasnamakan bank dengan menghubungi langsung nomor resmi yang tertera di situs web resmi bank.

Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan: Hindari mengklik tautan atau link yang mencurigakan yang dikirimkan melalui pesan atau email.

Perbarui Aplikasi M-Banking Secara Berkala: Selalu pastikan aplikasi M-Banking Anda diperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur keamanan yang lebih baik.

Gunakan Autentikasi Dua Faktor (2FA): Aktifkan fitur autentikasi dua faktor pada aplikasi M-Banking untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Laporkan Segera: Jika Anda menerima pesan mencurigakan atau merasa menjadi korban penipuan, segera laporkan ke pihak bank dan kepolisian.

“Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memerangi kejahatan siber ini. Dengan meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang modus penipuan, kita dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat dari ancaman penipuan M-Banking,” tambah Kapolres.

Untuk informasi lebih lanjut dan pelaporan, masyarakat dapat menghubungi hotline Polres Lhokseumawe di nomor +62 822-7507-7819 atau melalui layanan pengaduan online di situs web resmi Polres Lhokseumawe “Dumas Presisi”.

Kapolres Lhokseumawe berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya pencegahan dan penindakan terhadap kejahatan siber guna menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat. “Dengan langkah bersama, kita dapat menghadapi tantangan ini dengan lebih efektif,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *