Unimal Jalin Kerja Sama dengan KSPEU Kazan

  • Bagikan
Universitas Malikussaleh mengukuhkan kerja sama strategis dengan Kazan State Power Engineering University. Foto: Humas Unimal

MITABERITA.com |Universitas Malikussaleh (Unimal) mengukuhkan kerja sama strategis dengan Kazan State Power Engineering University (KSPEU), salah satu perguruan tinggi terkemuka di Kazan, Republik Tatarstan, Rusia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu (26/6/2024), yang bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam bidang akademik, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta transfer pengetahuan dan teknologi.

Acara tersebut diselenggarakan dengan partisipasi Universitas Syiah Kuala dan Universitas Teuku Umar, dan dihadiri oleh Wali Nanggroe Aceh, Tgk Malik Mahmud Al Haythar, yang memimpin delegasi dari Aceh.

Dalam sambutannya, Tgk Malik Mahmud Al Haythar menekankan pentingnya kerja sama ini sebagai langkah untuk memperdalam hubungan antara Aceh dan Tatarstan, yang memiliki kesamaan sejarah dan budaya.

“Aceh dapat belajar banyak dari pengalaman Tatarstan dalam pengelolaan otonomi khusus serta dalam membangun kerja sama pendidikan dengan lembaga pendidikan luar negeri,” ujarnya, Kamis 27 Juni 2024.

Rektor KSPEU, Edvard Abdullazyanov, mengapresiasi inisiatif dari Unimal dan pihak Aceh dalam membangun hubungan yang erat ini.

Ia menjelaskan bahwa KSPEU telah menjadi pusat penting dalam pengembangan energi listrik dan terbarukan di Rusia, dengan kemitraan strategis bersama industri nasional dan internasional terkemuka.

“Kami senang melihat semangat kerjasama yang tinggi dari Unimal dan pihak Aceh. Kami berharap kerja sama ini akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak dalam pengembangan teknologi dan inovasi,” kata Abdullazyanov.

Prof. Dr. Herman Fithra, ASEAN Eng, Rektor Unimal, menambahkan bahwa universitasnya berkomitmen untuk mengembangkan program studi terkait energi terbarukan dan teknologi listrik, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung visi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.

“Kami berharap lebih banyak mahasiswa Aceh dapat mengikuti jejak untuk belajar di KSPEU, yang tidak hanya menawarkan lingkungan belajar yang kondusif tetapi juga mendukung kebutuhan mahasiswa muslim dengan fasilitas yang ramah,” jelasnya.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas akademik dan teknologi kedua universitas serta memberikan kontribusi positif dalam pengembangan sumber daya manusia dan inovasi di Aceh dan Tatarstan.

Penandatanganan MoU ini juga menandai langkah awal dari hubungan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan antara Unimal dan KSPEU.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *