Strategi Pemkab Aceh Besar Menjaga Stabilitas Pangan

  • Bagikan
Warga Aceh Besar antusias belanja di pasar murah khusus. Foto: MC Aceh Besar

MITABERITA.com | Dalam upaya menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, serta pengendalian inflasi menjelang perayaan Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengambil langkah strategis.

Melalui kolaborasi antara Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Diskopukmdag) Aceh Besar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, serta Perum Bulog Kanwil Aceh, pasar khusus digelar di Komplek Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Gampong Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada, Rabu 5 Juni 2024.

Warga Lamteungoh terlihat sangat antusias saat mendatangi pasar khusus tersebut, karena barang-barang yang dijual di sana memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan harga di pasaran.

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melalui Kepala Diskopukmdag Aceh Besar, Trizna Darma menjelaskan bahwa pasar khusus ini sebagai langkah stabilisasi harga kebutuhan pokok masyarakat menyambut Lebaran Idul Adha 1445 H.

“Kami bersama-sama berupaya mengendalikan harga beberapa komoditas yang berpotensi merangkak naik, mengingat perayaan Idul Adha tinggal menghitung hari,” ujarnya.

Pasar khusus tersebut tidak hanya memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau, tetapi juga memberikan manfaat dalam menjaga stabilitas harga dan daya beli yang terjamin.

Trizna menjelaskan, ada 4 komoditas yang tersedia di pasar khusus ini, yaitu beras premium 10 kg, telur ayam 1 papan, minyak goreng 2 liter, dan gula pasir 2 kg, dengan harga total Rp 196.000.

Dengan pelaksanaan pasar khusus ini diharapkan mendukung percepatan pemulihan ekonomi dengan menyediakan barang kebutuhan pokok dan adanya stabilitas harga dalam rangka menyambut hari Raya Kurban.

“Melalui program pasar khusus, Pemkab Aceh Besar berharap masyarakat dapat mengakses bahan pokok dengan harga terjangkau dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H nanti,” tambah Trizna.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *