Stok Hewan Kurban di Aceh Besar Mencukupi

  • Bagikan
Stok Hewan Kurban di Aceh Besar Mencukupi. Foto: Ilustrasi - Sapi/Merdeka.com

MITABERITA.com | Stok hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1445 H di Kabupaten Aceh Besar mencukupi. Ribuan hewan kurban tersedia untuk menyambut Hari Raya Kurban.

Menurut laporan dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, jumlah hewan kurban yang tersedia meliputi 2.888 ekor sapi, 567 ekor kerbau, 1.760 ekor kambing, dan 107 ekor domba.

“Angka itu baru sebatas pendataan, namun angka ril untuk stok hewan kurban itu sangat mungkin jauh di atas angka tersebut,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jakfar, Jumat 14 Juni 2024.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban pemotongan hewan qurban di wilayah Aceh Besar.

“Kami telah menetapkan 107 penanggung jawab dan anggota sebagai petugas pemantauan dan pengawasan pemotongan qurban 1445 H di 23 kecamatan se-Aceh Besar,” ungkapnya.

Langkah ini diambil sebagai upaya untuk menjaga standar kesehatan dan kebersihan selama proses pemotongan hewan qurban berlangsung.

Para petugas yang telah ditunjuk akan bertugas memantau dan mengawasi setiap tahapan pemotongan, mulai dari penyembelihan hingga distribusi daging qurban kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

“Dengan adanya penetapan petugas pemantauan dan pengawasan ini, kami berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah qurban,” kata Jakfar.

Selain itu, Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan hewan qurban serta tata cara pemotongan yang sesuai dengan syariat Islam dan standar kesehatan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *