Sekda Aceh Besar Dorong Orangtua Lebih Paham Tentang Stunting

  • Bagikan
Sekda Aceh Besar Sulaimi. Foto: Mitaberita

MITABERITA.com |Sekretaris Daerah Aceh Besar, Drs. Sulaimi, membuka Rapat Koordinasi tentang percepatan penurunan Stunting yang melibatkan para pemangku kebijakan di Kabupaten Aceh.

Acara tersebut bertujuan untuk mencari solusi bersama dalam upaya menurunkan angka stunting di wilayah Aceh Besar, yang berlangsung di Gedung Dekranasda Aceh Besar, Kamis (6/6/2024).

Sekda Sulaimi menyampaikan, pentingnya kontribusi dan saran dari seluruh peserta yang hadir.” Kami berharap mendapatkan saran dari seluruh peserta yang hadir hari ini. Kita harus mencari solusi bersama agar Aceh Besar menjadi lebih baik, terutama dalam hal penanganan stunting,” ujarnya.

Sulaimi menekankan, pemahaman orang tua mengenai pentingnya penanganan stunting merupakan faktor kunci dalam upaya menurunkan angka stunting di daerah tersebut.

Menurut Sulaimi, kesadaran dan pengetahuan orang tua mengenai gizi anak dan kesehatan sangat berperan dalam pencegahan dan penanganan stunting.

“Pemahaman orang tua terkait pentingnya penanganan stunting juga merupakan kunci utama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB PP dan PA) Aceh Besar, Drs. Fadhlan, menekankan pentingnya kolaborasi dan penyampaian informasi terkait penurunan angka stunting.

Berdasarkan survei kesehatan Indonesia tahun 2023, angka stunting di Aceh Besar masih berada pada 30%. Namun, telah ada kemajuan dengan penurunan angka stunting hingga 14,9%.

“Kegiatan kita hari ini adalah untuk menyamakan persepsi dan menyampaikan informasi terkait penurunan stunting. Meskipun angka stunting masih tinggi, kita telah melihat kemajuan yang signifikan. Intervensi serentak di Posyandu seluruh Aceh Besar memerlukan dukungan dan bantuan dari semua pihak,” kata Fadhlan.

Rakor ini dihadiri oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Aceh Besar dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

Para peserta diharapkan dapat berkolaborasi dan memberikan masukan yang konstruktif demi mencapai target penurunan stunting di wilayah tersebut.

Stunting merupakan masalah kesehatan yang serius, dan upaya penurunannya memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta.

Dengan koordinasi yang baik, diharapkan Aceh Besar dapat mencapai hasil yang signifikan dalam upaya mengurangi angka stunting dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Acara ini menjadi langkah penting dari rangkaian kegiatan yang direncanakan untuk mempercepat penurunan stunting di Aceh Besar, dengan harapan membawa perubahan positif bagi generasi mendatang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *