SAPA Pertanyakan Program Pemasangan Paving Blok Habiskan Rp 11 Miliar

  • Bagikan
Para pengurus SAPA. Foto: dok. SAPA

MITABERITA.com |Serikat Aksi Peduli Aceh (SAPA) menyampaikan kekhawatiran serius terkait pengeluaran besar yang dialokasikan untuk program pemasangan paving block di Kabupaten Bireuen.

SAPA mempertanyakan posisi keberpihakan Pemkab Bireuen, karena jumlah anggaran untuk tahun 2024 saja melebihi Rp11 miliar.

Ketua Umum SAPA Fauzan Adami menegaskan bahwa program ini terkesan lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan kelompok daripada kebutuhan riil masyarakat.

“Kami menyayangkan fokus yang hanya pada profit finansial, bukan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Fauzan, pada media ini, Rabu 26 Juni 2024.

Menurut informasi yang diterima, alokasi anggaran tersebut tersebar di beberapa dinas, dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menghabiskan Rp6,2 miliar, disusul Dinas Kesehatan dengan Rp2,8 miliar, dan anggaran lainnya termasuk Dinas PUPR dan Dinas Pendidikan Dayah.

“Kami mengharapkan klarifikasi dari Pj Bupati Bireuen terkait penggunaan anggaran sebesar ini. Masyarakat perlu transparansi mengenai tujuan sebenarnya dari program ini dan apakah benar-benar bermanfaat untuk mereka,” katanya.

SAPA menekankan bahwa prioritas seharusnya adalah memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, meningkatkan kualitas pendidikan, dan kesehatan, bukan hanya mengutamakan infrastruktur fisik yang berpotensi untuk dimanfaatkan secara pribadi.

“Moralitas para pejabat haruslah menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Program yang didanai oleh uang rakyat harus dilaksanakan secara transparan dan bertujuan untuk kepentingan masyarakat luas,” pungkas Fauzan.

SAPA juga meminta agar program-program seperti ini dipublikasikan secara terbuka, terutama jika melibatkan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) atau Dana Bagi Hasil (DBH).

Ketua Umum SAPA menegaskan, pihaknya akan terus mengawasi dan melaporkan setiap indikasi penyalahgunaan atau pelanggaran dalam penggunaan dana publik.

Sementara itu, Pj Bupati Bireuen Aulia Sofyan yang diminta tanggapannya via aplikasi WhatsApp, hingga berita ini tayang belum memberikan tanggapan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *