Pemerintah Kota Langsa Serahkan 70 Hewan Kurban untuk Masyarakat

  • Bagikan
Penyerahan hewan kurban dari Pemko Langsa kepada masyarakat. Foto: Diskominfo Kota Langsa

MITABERITA.com | Pemko Langsa menyerahkan 70 hewan kurban kepada masyarakat melalui pemerintah gampong di wilayah tersebut.

Penyerahan hewan kurban ini dilakukan di Lapangan Dusun Pendidikan Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Sabtu 15 Juni 2024.

Sekretaris Daerah Kota Langsa, Said Mahdum Majid, memimpin penyerahan ini, disaksikan unsur Forkopimda Kota Langsa, MPU Kota Langsa, Asisten Administrasi Umum, Direktur Bank Aceh Syariah Cabang Langsa, serta para Camat dan geuchik se-Kota Langsa.

Said Mahdum menjelaskan bahwa hewan kurban bukan sekadar tradisi, tapi merupakan wujud penga

bdian kepada Allah SWT dan bentuk kepedulian terhadap sesama. “Qurban mengajarkan kita tentang keikhlasan, berbagi, dan empati kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya.

Ia menekankan pentingnya qurban sebagai simbol kesetiaan kepada agama dan komitmen dalam membangun masyarakat yang adil dan berempati.

“Melalui qurban, kita diajarkan untuk tidak melupakan mereka yang kurang beruntung, selalu berbagi rezeki, dan mempertahankan solidaritas di tengah-tengah tantangan,” tambahnya.

Sekda Kota Langsa juga mengajak semua untuk merenungkan makna sejati dari kurban, yang mengajarkan untuk mengorbankan sebagian dari apa yang dicintai demi kebahagiaan orang lain.

“Mari kita jadikan semangat qurban sebagai inspirasi dalam kehidupan sehari-hari untuk selalu peduli dan berbagi kepada sesama,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengapresiasi para donatur dan ASN Pemerintah Kota Langsa yang telah menyumbangkan hewan kurban ini untuk disalurkan kepada masyarakat melalui Gampong masing-masing.

“Terima kasih atas kebaikan dan kepedulian saudara-saudara semua. Semoga Allah SWT membalas setiap kebaikan yang telah kita lakukan dengan berlipat ganda,” tutupnya.

Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Kota Langsa, Kamaruzzaman menambahkan, jumlah hewan kurban yang diserahkan, yakni 58 ekor lembu dan 12 ekor kambing.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih atas partisipasi semua pihak dalam menyelenggarakan acara ini sehingga masyarakat dapat menikmati hewan kurban,” ungkap Kamaruzzaman.

Perayaan Idul Adha di Kota Langsa tahun ini tidak hanya menjadi momentum keagamaan, tetapi juga menguatkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial dalam masyarakat, serta memperkokoh nilai-nilai kemanusiaan umat Islam.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *