Kanwil Bea Cukai Aceh Gagalkan Upaya Penyeludupan Rokok Ilegal

  • Bagikan
Kanwil Bea Cukai Aceh Gagalkan Upaya Penyeludupan Rokok Ilegal. Foto: Dok Bea Cukai Aceh

MITABERITA.com |Bea Cukai Aceh berhasil menggagalkan dua upaya penyelundupan rokok ilegal melalui perairan Aceh. Dalam operasi yang melibatkan kerjasama antar berbagai unit Bea Cukai, sebanyak 15,9 juta batang rokok senilai lebih dari Rp37,8 miliar berhasil disita.

“Keberhasilan dalam menggagalkan penyelundupan rokok ilegal ini adalah hasil dari kerjasama dan koordinasi yang baik antara berbagai unit Bea Cukai di Aceh dan instansi terkait lainnya,” ujar Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kanwil Bea Cukai Aceh, Leni Rahmasari.

Operasi pertama terjadi setelah unit intelijen Bea Cukai Aceh menerima informasi tentang upaya penyelundupan rokok ilegal di sekitar perairan utara Lhokseumawe.

Dalam operasi tersebut, sebanyak 5,9 juta batang rokok senilai Rp14 miliar berhasil disita dari sebuah kapal kayu berinisial ID yang berasal dari Thailand.

Operasi kedua dilakukan setelah mendapat informasi serupa di sekitar perairan utara Kuala Langsa. Hasilnya, sebanyak 10 juta batang rokok senilai Rp23,8 miliar disita dari sebuah kapal kayu berinisial TA.

“Total barang bukti yang berhasil disita dalam dua operasi ini mencapai 15,9 juta batang rokok ilegal tanpa dilekati pita cukai, dengan nilai lebih dari Rp37,8 miliar,” tambah Leni.

Leni juga menekankan pentingnya tindakan ini dalam melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal serta mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor kepabeanan dan cukai.

“Bea Cukai akan terus berkomitmen untuk menjaga kedaulatan negara dari barang-barang ilegal dan memberantas peredaran rokok ilegal di Indonesia,” tandasnya.

Keberhasilan ini menjadi bukti nyata bahwa Bea Cukai Aceh terus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan kestabilan di wilayah perairan Aceh serta menegaskan perannya dalam melindungi penerimaan negara dari praktik penyelundupan yang merugikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *