Diskominsa Aceh Gelar Diskusi Terkait Penerapan Keterbukaan Informasi Publik

  • Bagikan
Tingkatkan Penerapan Keterbukaan Informasi Publik dan Potensi Gampong, Diskominfo Aceh Gelar Pertemuan KIG. Foto: Dok. Humas Diskominsa Aceh

MITABERITA.com |Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian (Diskominfo) Aceh, bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Aceh Barat, sukses menggelar pertemuan Kelompok Informasi Gampong (KIG).

Pertemuan ini menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan keterbukaan informasi publik serta memanfaatkan potensi yang dimiliki oleh gampong-gampong di Aceh.

Kepala Diskominfo Aceh, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP) Alfajrian AB, menyoroti pentingnya acara ini sebagai akselerasi pengembangan KIG di tingkat daerah.

Tujuan utama pertemuan adalah untuk meningkatkan kemampuan gampong dalam mengelola potensi lokal dan informasi publik, sekaligus memperkuat keterbukaan dalam pengelolaan urusan pemerintahan.

Alfajrian AB menjelaskan bahwa keterbukaan informasi publik merupakan fondasi yang penting dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dalam konteks ini, pengembangan KIG di tingkat gampong harus dipercepat dan ditingkatkan, sesuai dengan amanah untuk memperkuat keterbukaan dan transparansi.

Para peserta pertemuan juga diberikan pemahaman tentang cara efektif mempromosikan potensi gampong. Dengan pemahaman yang kuat tentang potensi yang dimiliki, peserta didorong untuk merancang kampanye promosi yang menarik dan informatif melalui website maupun media sosial.

Partisipasi aktif peserta menjadi pendorong utama kesuksesan pertemuan ini. Mereka dengan antusias mengikuti setiap sesi pembinaan dan berbagi pengalaman dalam upaya mendukung keterbukaan informasi publik di gampong-gampong Aceh.

Ketua Komisi Informasi Aceh (KIA), Arman Fauzi, menekankan pentingnya sistem pengelolaan data, dokumentasi, dan penyimpanan informasi yang tepat guna. Dia juga menyoroti peran penting gampong dalam menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk memfasilitasi akses informasi bagi seluruh warga.

Pertemuan ini diharapkan dapat membawa dampak positif dalam memperkuat hubungan antara pemerintah gampong dan masyarakat serta membangun kepercayaan yang kokoh di antara keduanya. Dengan peningkatan aksesibilitas informasi, diharapkan masyarakat dapat lebih terlibat dalam proses pembangunan gampong.

Kepala Diskominfo Aceh Barat, Edy Sofian, menegaskan bahwa informasi adalah kunci keberhasilan pembangunan. Dia juga mengapresiasi inisiatif Diskominfo Aceh yang telah menyelenggarakan acara ini sebagai wadah belajar antar warga gampong.

Dengan adanya pertemuan ini, gampong di Aceh diharapkan dapat lebih maju dalam hal keterbukaan informasi dan pengelolaan potensi lokal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi sarana berbagi pengalaman dan pengetahuan antar gampong, sehingga semua gampong di Aceh dapat maju bersama dan saling mendukung.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *