Aktivitas Galian C Ilegal di Pidie Meresahkan

  • Bagikan
Aktivitas Galian C Ilegal di Pidie Meresahkan. Foto: Humas Polda Aceh

MITABERITA.com |Tim Unit IV Subdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Aceh berhasil mengamankan satu unit ekskavator di lokasi tambang ilegal galian C, yang berlokasi di Desa Grong-Grong, Kecamatan Grong-Grong, Kabupaten Pidie.

Kasubdit IV Tipidter AKBP Muliadi menyampaikan bahwa penindakan dilakukan setelah menerima laporan dari masyarakat mengenai aktivitas tambang ilegal yang meresahkan.

“Kami telah mengamankan satu unit ekskavator di lokasi tambang ilegal galian C di Pidie,” ujar Muliadi dalam keterangan resminya, Rabu 26 Juni 2024.

Menurut Muliadi, penegakan hukum dilakukan karena lokasi tambang tersebut tidak memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) yang sah dari otoritas yang berwenang.

Petugas berhasil menghentikan kegiatan penambangan serta mengamankan satu unit ekskavator dan seorang pengelola tambang.

“Dalam operasi tersebut, kami juga telah memeriksa beberapa saksi yang diduga terlibat dalam aktivitas ilegal ini,” tambah Muliadi.

Semua barang bukti, termasuk ekskavator dan buku catatan pengeluaran material, telah diamankan dan dibawa ke Polda Aceh untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Muliadi juga mengajak masyarakat untuk mendukung upaya penegakan hukum terhadap tambang ilegal guna melindungi lingkungan dan mencegah kerugian bagi daerah.

“Tambang ilegal dapat berdampak buruk terhadap lingkungan dan merugikan daerah. Kami berharap dukungan dari masyarakat untuk mengatasi masalah ini bersama-sama,” pinta Muliadi.

Operasi ini merupakan bagian dari komitmen Polda Aceh dalam menjaga keamanan lingkungan dan menegakkan hukum di wilayahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *