Upaya Kejati Aceh dan Dinas Pendidikan Dayah Mencegah Perundungan

  • Bagikan
Kejati Aceh dan Dinas Pendidikan Dayah Aceh menjalin kerjasama pencegahan bullying di lingkungan dayah. Foto: Mitaberita

MITABERITA.com | Dalam upaya pencegahan perilaku perundungan (bullying) dan peningkatan kesadaran hukum di lingkungan dayah, Dinas Pendidikan Dayah Aceh kembali menjalin kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Aceh.

Program yang dilaunching ini bertajuk “Jaksa Masuk Dayah” dan diharapkan dapat menjadi pilot project bagi institusi serupa di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Dr. Munawar, menjelaskan bahwa program tersebut bertujuan untuk menyosialisasikan bahaya dan mencegah perilaku perundungan terhadap santri, baik secara fisik maupun verbal.

Kerjasama ini diresmikan dalam sebuah audiensi antara Dr. Munawar dengan Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Drs. Joko Purwanto, di Kantor Kejati Aceh Banda Aceh.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Munawar menyoroti pentingnya kesadaran hukum di lingkungan dayah, “khususnya dalam memahami dan mencegah tindak kekerasan antar sesama santri yang sering kali dipicu oleh perilaku bullying,” katanya.

Menurutnya, program Jaksa Masuk Dayah diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang hukum kepada para santri.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Aceh, Drs. Joko Purwanto, mengapresiasi kerjasama ini sebagai program pertama yang digagas di Indonesia.

Kajati Aceh menekankan pentingnya pembangunan wawasan hukum terhadap generasi masa depan yang menimba ilmu di dayah.

“Program Jaksa Masuk Dayah diharapkan dapat memberikan pemahaman awal tentang hukum dan mencegah terjadinya tindak pidana di lingkungan dayah,” harapnya.

Program ini juga direncanakan akan dilakukan setiap tahun bersama Dinas Pendidikan Dayah Aceh, dengan melaksanakan pemilihan Duta Santri Peduli Hukum bagi santri di Provinsi Aceh.

Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan Dayah dapat menjadi lingkungan yang aman, nyaman, dan terhindar dari tindak kekerasan serta pelanggaran hukum lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *