Tiang Listrik di Aceh Selatan Tumbang Akibat Angin Kencang

  • Bagikan
Tiang Listrik di A eh Selatan Tumbang Akibat Angin Kencang. Foto: Mitaberita

MITABERITA.com | Dalam dua hari terakhir wilayah Kabupaten Aceh Selatan diguyur hujan dan angin kencang yang menyebabkan sejumlah tiang listrik dan pohon pohon tumbang.

Untuk memulihkan keadaan, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Subulussalam dan PLN ULP Kota Fajar dengan sigap merespons situasi darurat pasca hujan deras dan angin kencang tersebut.

Dilaporkan, sebanyak 244 unit trafo atau sekitar 17.347 pelanggan di 11 kecamatan Aceh Selatan terdampak oleh kondisi cuaca ekstrem ini.

Namun, PLN UP3 Subulussalam mengambil langkah cepat memulihkan sistem kelistrikan, termasuk pengamanan trafo, pemblokiran, dan perbaikan tiang serta jaringan yang rusak akibat hujan dan angin kencang.

Menurut Andhy Prasetiawan, Manager UP3 Subulussalam, pemadaman listrik dilakukan demi keselamatan bersama terutama saat rumah warga dan jaringan PLN terdampak oleh pohon tumbang.

“PLN akan mengalirkan listrik kembali setelah seluruh jaringan dalam kondisi aman dan siap menerima pasokan listrik,” ujarnya, Jumat 24 Mei 2024.

Iwan Syahputra, Manajer PLN ULP Kota Fajar, menyoroti 5 titik tiang listrik PLN yang tumbang akibat hujan dan angin kencang, antara lain di Desa Krueng Kale, Gampong Padang Bakongan, Desa Krueng Batu, Desa Teping Tinggi, dan Jalan Lintas Rantau Bulusema.

PLN juga menghadapi tantangan lain dengan 5 titik kabel PLN yang putus dan rusak karena tertimpa pohon, terjadi di Desa Kota Fajar, Kampung Paya, Pasie Lembang, Silolo Panton Bili, dan Rambong Bakongan.

PLN menegaskan kesiapan mereka dalam menjaga kehandalan dan mengamankan sistem kelistrikan, baik secara preventif maupun korektif, terutama dalam situasi cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini.

Iwan Syahputra menekankan pentingnya keselamatan dalam penanganan jaringan listrik yang rusak atau tertimpa pohon. Dia menghimbau masyarakat untuk tidak mencoba menangani sendiri situasi tersebut dan segera melaporkan kejadian serupa kepada PLN.

Meskipun sebagian besar kondisi sudah dipulihkan, ada satu titik tiang tumbang yang masih dalam tahap perbaikan di Desa Bulusema, Kecamatan Trumon.

Iwan juga mengingatkan masyarakat bahwa gangguan atau keluhan dapat dilaporkan melalui Aplikasi PLN Mobile untuk penanganan yang lebih cepat dan efisien.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *