Sekda Aceh Besar Buka Kenduri Aceh Rayeuk di Kota Jantho

  • Bagikan
Sekda Aceh Besar Buka Kenduri Aceh Rayeuk di Kota Jantho. Foto: MC Aceh Besar

MITABERITA.com |  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Besar Drs Sulaimi membuka kegiatan “Kenduri Aceh Rayeuk” yang digelar Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, di Jantho Panorama Park (JPP), Aceh Besar, Selasa (14/5/2024).

Kegiatan yang dibuka secara simbolis dengan mengaduk kuah beulangoeng tersebut, turut diwarnai dengan penyerahan plakat kepada Sekda Aceh Besar, aneka penampilan kesenian, dari tarian adat, seumapa.

Ada juga suguhan tarian baru yaitu Tari Seni Kenduri Aceh Rayeuk yang terinspirasi dari aktivitas masyarakat Aceh Besar khususnya dalam melakukan perhelatan kenduri.

Pada kesempatan itu, Sekda Aceh Besar berterima kasih kepada jajaran Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang telah mendukung dan memverifikasi kegiatan tersebut.

Menurutnya, Aceh Besar memiliki banyak khazanah budaya yang belum sempat dipublikasikan, dan kegiatan seperti ini memberikan ruang kepada masyarakat untuk melihat dan mengetahui kekayaan budaya Aceh Besar yang sesungguhnya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah dan upaya dalam rangka menjaga keberlangsungan tradisi budaya di Kabupaten Aceh Besar,” ucapnya.

Selain itu, apresiasi juga diberikan kepada ISBI Aceh yang telah melaksanakan Kongres Peradaban Aceh 2 beberapa hari yang lalu, yang berhasil mengangkat dan mempromosikan Kota Jantho di mata dunia internasional dan nasional.

“Kami berharap kegiatan ini terus dapat dijalankan dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar akan selalu mendukungnya,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *