Ratusan Orang Dilaporkan Meninggal Dunia Akibat Diterjang Banjir

  • Bagikan
Ratusan Orang Meninggal Dunia Diterjang Banjir. Foto: REUTERS/Sayed Hassib

MITABERITA.com | Program Pangan Dunia (WFP) merilis data bahwa lebih dari 300 orang meninggal dunia akibat banjir bandang menerjang beberapa provinsi di Afghanistan.

Seperti disadur MITABERITA.com dari CNBCIndonesia, data tersebut dirilis pada Sabtu 11 Mei 2024 kemarin.

Banjir bandang di Afghanistan terjadi sejak Jumat 10 Mei 2024, yang menyebabkan aliran air dan lumpur deras mengalir melalui desa-desa dan lahan pertanian di beberapa provinsi.

Sebagian korban berhasil menyelamatkan diri melalui jalan-jalan yang berlumpur dan dipenuhi puing-puing serta bangunan-bangunan yang rusak ketika pihak berwenang dan kelompok non-pemerintah mengerahkan pekerja penyelamat dan bantuan.

Pemerintah juga menyampaikan bahwa beberapa daerah telah terputus akibat banjir. Salah satunya Provinsi Baghlan Utara. Di Provinsi itu dilaporkan lebih dari 300 orang tewas dan ribuan rumah hancur atau rusak.

“Berdasarkan informasi terkini: di provinsi Baghlan terdapat 311 korban jiwa, 2.011 rumah hancur dan 2.800 rumah rusak,” Rana Deraz, petugas komunikasi badan PBB di Afghanistan, dikutip dari CNA.

Ada perbedaan antara jumlah korban tewas yang diberikan oleh pemerintah dan lembaga kemanusiaan. Badan migrasi PBB, Organisasi Internasional untuk Migrasi, menyebutkan ada 218 kematian di Baghlan.

Abdul Mateen Qani, juru bicara Kementerian Dalam Negeri, mengatakan kepada AFP bahwa 131 orang telah tewas di Baghlan, namun jumlah korban jiwa oleh pemerintah mungkin bertambah.

“Masih banyak orang yang hilang,” katanya sambil menambahkan bahwa 20 orang lainnya dilaporkan tewas di provinsi utara Takhar dan dua di negara tetangga Badakhshan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *