Polri Turunkan Pasukan Berkuda untuk Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

  • Bagikan
Polri Turunkan Pasukan Berkuda untuk Amankan World Water Forum ke-10 di Bali. Foto: Humas Polri

MITABERITA.com | Dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 18—25 Mei 2024, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menurunkan Detasemen Turangga atau pasukan berkuda.

Operasi Puri Agung 2024 yang dilaksanakan oleh pasukan tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan dalam acara tersebut.

Kombes Harri Muharram Firmansyah, Kasubsatgas Sterilisasi Satgas Preventif Operasi Puri Agung 2024, menjelaskan bahwa pasukan berkuda ini berasal dari Ditpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri. “Ada 4 kuda yang disiapkan berasal dari Polda Bali. Jenis kudanya warmblood berasal dari Belanda,” kata Harri.

Pasukan berkuda tersebut akan ditempatkan dalam kegiatan-kegiatan preventif, termasuk patroli khususnya di sekitar area ITDC, tempat pelaksanaan World Water Forum. Harri menjelaskan bahwa pasukan berkuda ini memungkinkan untuk menjangkau medan yang tidak bisa dilalui kendaraan.

Selain pasukan berkuda, Polri juga mengerahkan sebanyak 34 anjing pelacak atau K9 untuk mengamankan rute dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Ketapang, serta sampai perbatasan NTB guna mencegah preventif kejahatan.

Dokter hewan, drh. Nadia Kamila, menekankan pentingnya persiapan kondisi kuda yang diturunkan secara maksimal, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin.

“Hal ini untuk menghindari dropnya kondisi menghadapi perubahan cuaca. Kita tidak sendiri tapi juga bekerja sama dengan para pawangnya,” ujarnya.

Dengan langkah-langkah pengamanan yang dilakukan oleh Polri, diharapkan World Water Forum ke-10 dapat berlangsung dengan lancar dan aman bagi semua peserta dan pihak yang terlibat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *