Pj Bupati Aceh Besar Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2023 di Paripurna DPRK

  • Bagikan
Pj Bupati Aceh Besar Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2023 di Paripurna DPRK. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, menyampaikan dengan penuh rasa tanggung jawab Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Aceh Besar Tahun Anggaran 2023 di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Senin 13 Mei 2024.

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRK, Zulfikar Aziz, dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali SPd MSi, anggota DPRK, serta unsur Forkopimda, Kapolres Aceh Besar, dan berbagai perangkat daerah.

Dalam penjelasannya, Iswanto menjelaskan bahwa penyusunan LKPJ Bupati Aceh Besar Tahun 2023 didasarkan pada berbagai regulasi yang telah ditetapkan, seperti Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi. LKPJ ini juga merujuk pada peraturan daerah dan peraturan bupati terkait rencana kerja dan anggaran daerah.

Lebih lanjut, Iswanto menyampaikan tema pembangunan Kabupaten Aceh Besar Tahun 2023 yang berfokus pada “Memantapkan Infrastruktur yang Terintegrasi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Aceh Besar”.

Prioritas pembangunan juga terarah pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, kualitas Sumberdaya Manusia (SDM), reformasi birokrasi, serta pelaksanaan Syariat Islam dan Keistimewaan Aceh.

Dalam konteks pertumbuhan ekonomi, Iswanto menginformasikan bahwa pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2023 mencapai 4,20%, dengan sektor transportasi dan pergudangan sebagai penyumbang pertumbuhan tertinggi.

Selain itu, langkah-langkah untuk menurunkan angka kemiskinan juga menjadi fokus, dengan peningkatan angka kemiskinan sebesar 13,38% di bawah rata-rata nasional.

Pemantapan kualitas pendidikan dan kesehatan juga menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 75,98 pada tahun 2023. Meskipun telah melebihi target yang ditetapkan, upaya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan masyarakat tetap dilakukan.

Isu keamanan dan ketertiban juga menjadi sorotan penting, di mana situasi kondusif di Kabupaten Aceh Besar memberikan ruang bagi pelaksanaan berbagai tahapan pemilihan legislatif 2024 dengan aman.

Dengan kerjasama yang kuat antara tokoh masyarakat, tokoh agama, Forkompimda, dan seluruh masyarakat, suasana kondusif ini turut mendukung pelaksanaan event-event penting, seperti pemilihan keuchik serentak dan pelantikan, dengan lancar dan tertib.

Penyampaian LKPJ ini bukan hanya sekadar formalitas, namun juga merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Aceh Besar untuk memastikan transparansi, akuntabilitas, dan keterbukaan dalam menjalankan roda pemerintahan.

engan kerja keras dan sinergi antara semua pihak terkait, Kabupaten Aceh Besar berharap dapat terus berkembang menuju arah yang lebih baik untuk kepentingan masyarakatnya. (Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *