Kunci Utama Baitul Mal untuk Pertahankan Kepercayaan Masyarakat

  • Bagikan
Kunci Utama Baitul Mal untuk Pertahankan Kepercayaan Masyarakat. Foto: Mitaberita

MITABERITA.com | Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah, mendorong Baitul Mal untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) guna meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat dan harta agama lainnya.

Pada Rapat Koordinasi Baitul Mal Aceh Tahun 2024, yang berlangsung di Kyriad Muraya Banda Aceh, Senin 27 Mei 2024, Bustami melalui Pj Sekda Aceh Azwardi, menegaskan perlunya adaptabilitas dalam menghadapi tantangan zaman, Senin 27 Mei 2024.

Menurut Bustami, kredibilitas dalam tata kelola Baitul Mal menjadi kunci utama dalam mempertahankan kepercayaan masyarakat. Dalam konteks ini, transparansi, akuntabilitas, dan profesionalitas menjadi prinsip yang harus dijunjung tinggi oleh Baitul Mal.

Bustami juga mengapresiasi peran Baitul Mal Aceh serta seluruh Baitul Mal Kabupaten/Kota se-Aceh dalam mengelola zakat, infaq, sadaqah, waqaf, dan lainnya demi kemaslahatan umat.

Pengumpulan zakat dan infak mencapai 97% dengan jumlah Rp89,63 miliar pada tahun 2023, sementara penyalurannya mencapai Rp165,48 miliar dengan manfaat yang diterima oleh 40.387 Mustahik Penerima Manfaat.

Harapannya adalah agar pengumpulan zakat dan infak dapat terus meningkat di masa depan, sehingga lebih banyak lagi penerima manfaat yang dapat dijangkau oleh program-program Baitul Mal.

PDengan demikian, Baitul Mal dapat terus menjadi lembaga yang dipercayai dan berperan aktif dalam mendistribusikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *