Kanada Siapkan Lima Ribu Visa untuk Warga Palestina

  • Bagikan
Kanada Siapkan Lima Ribu Visa untuk Warga Palestina. Foto: Myeducatiorepublik.com.

MITABERITA.com | Pemerintah Kanada telah mengumumkan rencana menyiapkan 5.000 visa sementara untuk warga Gaza, sebagai tanggapan atas serangan brutal Israel di Rafah yang menyebabkan kebakaran besar pekan ini. Jumlah ini lima kali lipat dari program sebelumnya yang hanya menyediakan 1.000 visa sementara.

Visa ini akan diberikan kepada kerabat warga negara Kanada yang tinggal di wilayah Gaza. “Meskipun pergerakan keluar dari Gaza saat ini tidak memungkinkan, situasinya dapat berubah sewaktu-waktu,” kata Menteri Imigrasi Kanada, Marc Miller.

“Dengan penambahan ini, kami akan siap membantu lebih banyak orang seiring dengan perkembangan situasi,” tambahnya.

Sebelumnya, 448 warga Gaza telah diberikan visa sementara, termasuk 254 orang berdasarkan kebijakan visa khusus. Hingga saat ini, 41 orang telah tiba di Kanada.

Menyikapi serangan udara Israel di kamp pengungsi Rafah yang menewaskan anak-anak, Menteri Luar Negeri Kanada, Melanie Joly, menegaskan penderitaan itu harus diakhiri.

“Kami ngeri dengan serangan yang menewaskan warga sipil Palestina di Rafah,” ungkap Joly. Dia menegaskan Kanada tidak mendukung operasi militer Israel di Rafah dan menyerukan gencatan senjata segera.

Kanada telah secara konsisten menyerukan gencatan senjata di Gaza, termasuk dalam forum-forum di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya mengklaim serangan di Rafah tidak dimaksudkan untuk menimbulkan korban sipil. Hingga saat ini, hampir 36 ribu warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza.

Menurut Badan Pengungsi Palestina PBB, UNRWA, sekitar 1,7 juta orang atau lebih dari 75 persen populasi Gaza terpaksa mengungsi akibat agresi Israel.

Langkah Kanada dalam memberikan visa bagi warga Palestina menunjukkan komitmen internasional untuk membantu korban konflik di Gaza.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *