Gunongan: Simbol Cinta dan Kebahagiaan dari Sultan Iskandar Muda

  • Bagikan
Gunongan bukti cinta Sultan Iskandar Muda di Banda Aceh. Foto: MITABERITA.com/Hidayat

MITABERITA.com |  Di balik megahnya sejarah Aceh, tersembunyi cerita cinta yang begitu mengharukan dari seorang Sultan dan permaisurinya yang jelita. Gunongan, sebuah bangunan indah yang menjadi saksi bisu dari kebahagiaan Sultan Iskandar Muda dan Putri Phang, permaisuri yang sangat dicintainya.

Dikisahkan bahwa Putri Phang, atau yang dikenal dengan sebutan “Putroe Phang” berasal dari Pahang, Malaysia, sering merasa kesepian di tengah kesibukan sang suami yang menjadi kepala pemerintahan. Kerinduannya akan kampung halaman selalu menghantuinya.

Namun, Sultan Iskandar Muda tak tinggal diam melihat kegundahan hati sang istri. Untuk membahagiakan Putroe Phang, ia memutuskan untuk membangun sebuah gunung kecil yang diberi nama “Gunongan”. Gunungan ini menjadi miniatur perbukitan yang mengelilingi istana Putroe Phang di Pahang.

Ketika Gunongan selesai dibangun, kebahagiaan terpancar jelas dari wajah sang permaisuri. Setiap hari, Gunongan menjadi saksi dari keceriaan mereka bermain bersama dayang-dayang di sekitarnya, sambil memanjatinya.

Lokasinya yang strategis, berada di Jalan Teuku Umar yang berhadapan dengan kuburan serdadu Belanda “Kerkoff”, menjadikan Gunongan sebagai tempat yang istimewa dan memiliki makna mendalam.

Bangunan ini, didirikan pada masa keemasan pemerintahan Sultan Iskandar Muda pada abad ke-17, memiliki ciri khas tersendiri. Meski tidak besar, Gunongan memiliki bentuk yang elegan, bersegi enam, mirip sebuah bunga yang bertingkat tiga.

Pintu masuknya yang selalu terkunci memberikan aura misteri, sementara lorong pintu menuju ke tingkat tiga Gunongan menambah kesan magis dari bangunan ini.

Dalam balutan sejarah yang begitu kaya, Gunongan tetap menjadi saksi bisu dari cinta abadi antara Sultan Iskandar Muda dan Putroe Phang, menginspirasi banyak orang dengan kisahnya yang timeless dan keindahan arsitektur yang memukau.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *