Fokus Tangani Stunting, Pemkab Aceh Besar Koordinasi dengan BKKBN

  • Bagikan
Fokus Tangani Stunting, Pemkab Aceh Besar Koordinasi dengan BKKBN. Foto: Mitaberita

MITABERITA.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar mengintensifkan upaya penanganan kasus stunting di wilayahnya dengan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh.

Rapat tersebut dilaksanakan di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Selasa 21 Mei 2024.

Dalam rakornis tersebut, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPP dan PA) Kabupaten Aceh Besar, Drs. Fadhlan, menegaskan penanganan stunting merupakan masalah serius yang memerlukan perhatian bersama dari berbagai pihak.

“Fokus utama kita bukan hanya pada penurunan angka stunting, namun juga menuju zero new stunting atau tidak ada penambahan kasus baru di Aceh Besar,” ujarnya.

Rapat ini juga melibatkan berbagai pihak, termasuk pakar dari Dinas Kesehatan Aceh Besar dan Satgas Stunting. Fadhlan menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara puskesmas, keuchik, camat, dan perangkat daerah terkait dalam menangani masalah stunting.

Sementara itu, Kepala BKKBN Aceh, Safrina Salim menyampaikan penanganan stunting tidaklah mudah, namun yang terpenting adalah memutuskan ranting stunting pada ibu hamil dan saat persalinan.

“Kita perlu melakukan edukasi kepada orang tua, khususnya ibu hamil, serta meningkatkan posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB),” ujarnya.

Rapat ini juga dihadiri oleh pengurus TP-PKK Aceh Besar, perwakilan Dinkes Aceh Besar, Kabid Kominfo Aceh Besar, sejumlah istri Kepala OPD, Tim TPPS, pengurus IPeKB, dan Satgas Stunting serta staf BKKBN Aceh. Diharapkan rapat ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret dalam menangani masalah stunting di Aceh Besar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *