Dirut BSI Gelar Kuliah Umum tentang Literasi Perbankan Syariah

  • Bagikan
CEO BSI Hery Gunardi. Foto: Humas BSI Regional Aceh

MITABERITA.com |Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), Hery Gunardi, menggelar kuliah umum mengenai literasi perbankan syariah dan muslimpreneur.

Acara yang berlangsung di Universitas Syiah Kuala Aceh itu dihadiri oleh sekitar 1.500 peserta dan turut dihadiri oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir Marwan.

Kuliah umum “CEO Mengajar” itu merupakan bagian dari serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan edukasi mengenai perbankan syariah. Sebelumnya, CEO BSI juga telah memberikan kuliah umum di Universitas Gajah Mada dengan jumlah peserta sebanyak 700 orang.

“Kami ingin anak-anak muda mengenal dan memahami bank syariah secara baik karena mereka adalah generasi penerus yang akan memimpin bangsa,” kata Hery Gunardi, Rabu 29 Mei 2024.

Provinsi Aceh dipilih sebagai salah satu prioritas kegiatan edukasi dan literasi keuangan syariah karena telah mengimplementasikan qanun keuangan syariah sejak tahun 2018.

BSI berkomitmen untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah di wilayah ini dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bank syariah kepada anak muda.

Selain kuliah umum, dalam acara tersebut juga diluncurkan kegiatan Aceh MuslimPreneur (AMP) 2024. AMP bertujuan untuk mendorong anak muda kreatif di Aceh untuk menjadi wirausaha. Diharapkan AMP 2024 akan mampu menghasilkan 5.000 wirausaha baru yang akan membantu meningkatkan perekonomian Aceh.

BSI AMP 2024 adalah kompetisi bagi para wirausaha muda Aceh untuk mengembangkan ide bisnis dan memperluas jaringan mereka. Direktur Utama BSI, Hery Gunardi, menekankan bahwa Aceh memiliki potensi bisnis yang besar, terutama dengan dukungan penuh terhadap bank syariah.

Data per Maret 2024 menunjukkan bahwa jumlah nasabah UMKM BSI di Aceh mencapai 108.029 nasabah dengan total penyaluran pembiayaan UMKM mencapai Rp8,43 triliun.

BSI AMP 2024 terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan ide bisnis: pemula, bisnis yang sudah berjalan minimal dua tahun dengan segmen usaha yang dikompetisikan termasuk jasa, makanan & minuman, fashion, industri kreatif, dan lainnya.

Tahapan BSI AMP 2024 meliputi Scouting (roadshow), Incubation (pelatihan online), Mentoring (pelatihan secara boot-camp), Grand Final, dan Awarding. Pengumuman pemenang direncanakan akan dilakukan sekitar bulan September 2024.

Hery Gunardi menegaskan bahwa dukungan BSI untuk pengembangan UMKM secara konsisten dilakukan di seluruh Indonesia, terutama di Aceh. Saat ini, BSI sedang membangun UMKM Center yang membina 1.757 UMKM, serta dua desa binaan BSI di bidang peternakan dan perkebunan.

Selain itu, BSI juga mempersiapkan pelatihan sertifikasi halal bagi UMKM terpilih di Aceh untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *