Yang Penting Sampai ke Sabang

  • Bagikan
Ilustrasi - KMP Aceh Hebat 2 berlayar dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang. (Foto: SERAMBINEWS.COM/ HENDRI ABIK)

MITABERITA.com | Dirlantas Polda Aceh Kombes M Iqbal Alqudusy, selaku Kasatgas Opsda Operasi Ketupat Seulawah 2024 menganjurkan wisatawan atau masyarakat yang ingin berlibur ke Sabang agar tidak menggunakan mobil pribadi.

Hal tersebut disampaikan Iqbal, mengingat antrean mobil yang ingin menyeberang ke Sabang via Pelabuhan Ulee Lheue sangat padat pada libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Jumat 12 April 2024.

Kata Iqbal, karena animo masyarakat dan wisatawan yang mau ke Sabang sangat tinggi, Dinas Perhubungan juga berencana akan menambah trip kapal penyeberangan 6 hingga 7 trip per hari.

Uniknya lagi, sambung Iqbal, walaupun petugas di lapangan telah menganjurkan masyarakat untuk tidak membawa mobil pribadi ke Sabang serta lebih baik menggunakan kapal cepat, masyarakat malah menjawab dengan senang hati menunggu giliran naik kapal Roro meski harus bermalam di pelabuhan.

“Banyak kendaraan yang antre parkir dalam buffer zone untuk naik ke kapal Roro. Walaupun sudah dianjurkan naik kapal cepat, tetapi masyarakat lebih senang menunggu walaupun harus bermalam di pelabuhan. Yang penting sampai ke Sabang,” kata Iqbal.

Sebagai informasi, untuk menghindari kepadatan antrean dalam pelabuhan telah disiapkan lokasi parkir di dalam pelabuhan. Bila penuh, pihak pelabuhan juga telah menyiapkannya di luar pelabuhan.

Siagakan Anggota Amankan Pelabuhan Ulee Lheue

M Iqbal Alqudusy 93 personel juga siaga untuk mengamankan dan menjaga kelancaran mobilitas masyarakat di Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh.

Jumlah tersebut ditempatkan di Pos Terpadu Pelabuhan Ulee Lheue 33 personel untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun penumpang baik yang masuk maupun keluar dari pelabuhan serta mengimbau masyarakat yang akan menyeberang ke Sabang agar menitipkan kendaraannya di tempat yang sudah disiapkan pihak pelabuhan.

Kemudian, 28 personel ditugaskan untuk melaksanakan pengaturan jalan. Mereka akan mengarahkan para penumpang yang akan masuk ke pelabuhan dan yang keluar dari pelabuhan, serta masyarakat yang akan menitipkan kendaraannya selama melakukan kegiatan liburan di Kota Sabang.

kata Iqbal, pihaknya juga menyiagakan 32 personel untuk patroli serta mengurai kendaraan penumpang secara masif di jalur masuk dan keluar pelabuhan, sehingga tidak menyebabkan kemacetan dan antrean panjang.

Dalam kesempatan itu, Iqbal juga berpesan agar tetap waspada selama perjalanan dan menjaga keamanan barangnya masing masing. “Silahkan menikmati mudik dengan ceria, kami aparat keamanan dan stakeholder siap menjaga keamanan dan kelancarannya,” tutup Iqbal.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *