Sempat Diprotes, Pemerintah Aceh Menggelar Pawai Takbir Keliling di Kota Banda Aceh

  • Bagikan
Masjid Raya Baiturrahman. Foto: Uloom.id

MITABERITA.com | Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Pemerintah Aceh melalui Dinas Syariat Islam (DSI) akan menggelar pawai takbir keliling di Kota Banda Aceh.

Kegiatan ini akan dimulai setelah shalat Isya dan akan dilepas langsung oleh Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah. Sebelumnya, masyarakat sempat memprotes karena beredar kabar tidak ada kegiatan takbir keliling untuk tahun ini.

Rute pawai akan dimulai dari jalan depan Masjid Raya Baiturrahman, kemudian menuju jalan depan Sinbun Sibreh, simpang Kodim belok kiri menuju Simpang Surabaya, menuju Simpang Jambo Tape, lalu mengarah ke Simpang Lima dan berakhir di jalan Muhammad Jam samping Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Zahrol Fajri, menyampaikan awalnya telah dijadwalkan festival takbir dengan titik utama di depan Masjid Raya Baiturrahman. Masyarakat awalnya juga sempat memprotes karena mengira tidak ada kegiatan takbiran menjelang hari raya idul fitri.

“Namun, mengingat aspirasi dan keinginan masyarakat, serta setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, diputuskan untuk menggelar pawai takbir keliling mobil hias dan jalan kaki pada malam Hari Raya yang diperkirakan jatuh pada tanggal 9 April 2024,” jelas Zahrol pada awak media.

Dalam pantauan media, masyarakat seputar Kota Banda Aceh dan Aceh Besar yang ingin berpartisipasi. Untuk itu, Zahrol menghimbau agar yang ingin berpartisipasi dalam pawai takbir keliling mobil hias dan jalan kaki diharapkan segera mendaftar melalui nomor HP +6282230181966 / +6285260074618.

“Partisipasi terbuka untuk grup remaja masjid dan meunasah di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Untuk 21 grup pertama yang mendaftar, akan diberikan dana partisipasi sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) per grup,” ungkap Zahrol.

Selain dana partisipasi, akan disediakan hadiah dan trofi untuk juara 1, 2, 3, serta Harapan 1, 2, 3 dengan besaran mulai dari Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) untuk juara harapan tiga hingga Rp 9.000.000 (sembilan juta rupiah) untuk juara pertama.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh mengajak warga Banda Aceh dan sekitarnya untuk hadir dan menyemarakkan pelaksanaan takbir keliling mobil hias dan jalan kaki di sekitar Kota Banda Aceh untuk menyambut hari kemenangan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *