Pimpinan DPRK Aceh Besar Mengekspresikan Dukungan Penuh terhadap Pelestarian Seni Budaya Daerah

  • Bagikan
Pimpinan DPRK Aceh Besar Mengekspresikan Dukungan Penuh terhadap Pelestarian Seni Budaya Daerah. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Gunawan, mengangkat isu penting tentang perlunya melestarikan dan menghargai seni dan budaya sebagai warisan berharga yang mencerminkan identitas daerah.

Dalam pandangannya, kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga legislatif adalah kunci dalam upaya mempromosikan serta mempertahankan keberlangsungan seni budaya lokal.

“Seni dan budaya adalah jantungnya identitas kita. Melalui kerjasama yang erat, kita dapat memastikan bahwa warisan ini terus berkembang dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat kita,” ungkap Gunawan, memberikan penekanan pada pentingnya peran bersama dalam menjaga keberlangsungan seni budaya.

Gunawan telah mengusulkan sejumlah program yang ditempatkan dalam kerangka pelestarian dan kemajuan seni budaya melalui forum DPRK.

Ini mencakup alokasi dana dan program melalui Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata Aceh Besar (Disdikbud) serta Dewan Kesenian Aceh (DKA) Aceh Besar.

“Melalui program-program ini, kami berkomitmen untuk menjaga serta memajukan seni dan budaya lokal. Kami percaya hal ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan citra budaya daerah di mata wisatawan dan masyarakat lokal,” jelasnya, Sabtu 13 April 2024.

Dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah, Gunawan menegaskan pentingnya kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah, para pelaku seni, dan masyarakat dalam menjaga keaslian serta relevansi seni budaya lokal di tengah arus globalisasi.

“Perkembangan zaman tidak boleh mengaburkan keindahan dan kekayaan seni budaya kita. Inilah yang menjadi ciri khas dan kebanggaan kita. Era digital ini harus menjadi momentum bagi kita untuk semakin giat menjaga serta mempromosikan seni budaya kita,” ujarnya, menekankan pentingnya menjaga keaslian budaya lokal di era digital.

“Seni dan budaya adalah harta tak ternilai yang merupakan warisan leluhur kita. Kita harus menjaganya dengan sungguh-sungguh agar cerita dan keindahannya tetap abadi,” tambah Gunawan, mengakhiri dengan pesan yang menggugah kesadaran akan pentingnya menjaga keberlangsungan seni budaya daerah. (Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *