Jangan Cerai! Begini Cara Memperbaiki Pernikahan tanpa Cinta

  • Bagikan
Ilustrasi pasangan suami istri yang bersikap saling acuh tak acuh dan tak peduli sebagai tanda bahwa pernikahan dibangun tanpa cinta (freepik/jcomp)

MITABERITA.com | Seseorang yang berada dalam pernikahan tanpa cinta tentu membuat dia merasa sia-sia dan tidak berdaya. Tidak sedikit pasangan yang memilih menyerah daripada bertahan.

Terkadang mereka lupa tidak memikirkan bagaimana meningkatkan energi untuk meningkatkan dinamika antar pasangan. Bahkan Anda juga lupa kalau dulu pernah mencintai pasangan Anda.

Pernikahan tanpa cinta merupakan pernikahan yang didalamnya dipenuhi dengan sikap acuh tak acuh dan apatis.

Seorang Filsuf Perancis Michel Montaige menyatakan bahwa orang yang dilanda cinta akan kehilangan akal sehatnya namun pernikahan membuat mereka menyadari kehilangan tersebut.

Ketika Anda berada dalam pernikahan tanpa cinta secara umum Anda memiliki tiga pilihan yaitu Anda bisa tetap bertahan dalam pernikahan sambil membiarkan kebencian berkembang antara Anda dan pasangan Anda. Kedua, Anda bisa memilih berpisah.

Pilihan terakhir Anda bertahan dengan memperbaiki pernikahan Anda agar terus ada romantisme dan menghidupkan cinta itu kembali. Tingkat keberhasilan pernikahan tanpa cinta ini tergantung Anda dan pasangan.

Jika Anda dan pasangan memiliki niat dan harapan untuk membuat pernikahan berhasil dan ingin jatuh cinta lagi maka Anda sudah selangkah lebih maju.

Dilansir dari laman Marriage, terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki pernikahan tanpa cinta diantaranya :

1. Mulai menjalin komunikasi yang sehat
Komunikasi adalah salah satu elemen terpenting agar pernikahan Anda berhasil kembali. Untuk memperbaiki pernikahan tanpa cinta, Anda bisa memulai dari meluangkan waktu mengobrol bersama meskipun hanya beberapa menit sebelum tidur.

Pada intinya komunikasi adalah pusat kesuksesan pernikahan jadi Anda bisa memulai berbicara dari yang sederhana untuk membantu memperbaiki keadaan.

2. Kembali ke dasar
Apabila pernikahan tanpa cinta menghambat kebahagiaan Anda, maka cobalah untuk mendapatkan kembali siapa diri Anda saat pertama kali bersama.

Dari situ tentu ada sesuatu yang membuat Anda berdua saling jatuh cinta dan Anda harus menemukannya lagi.

Pada intinya jika Anda ingin memperbaiki pernikahan tanpa cinta, maka Anda harus saling jatuh cinta lagi terhadap pasangan Anda.

Anda bisa memikirkan secara mental di masa-masa awal hubungan dan pernikahan Anda dan menggunakan pikiran yang positif.

3. Menambah kegembiraan dan spontanitas
Dalam pernikahan tanpa cinta, Anda bisa menambahkan sedikit kegembiraan dan mengusahakan keintiman fisik suatu malam. Misalnya dengan merencanakan kencan malam atau liburan tanpa alasan sama sekali.

4. Memprioritaskan satu sama lain
Untuk mematahkan pola tidak sehat dalam pernikahan tanpa cinta, Anda perlu menyediakan waktu berdua saja. Baik itu untuk mengobrol, berpelukan di depan acara favorit atau berkencan.

Cara memperbaiki pernikahan tanpa cinta dengan menjadikan satu sama lain sebagai prioritas dan menemukan cara untuk menjalin hubungan adalah rahasia sesungguhnya untuk memperbaiki pernikahan tanpa cinta.

5. Menghabiskan waktu berkualitas bersama
Cara lain untuk memperbaiki pernikahan tanpa cinta adalah dengan menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan Anda mulai dari makan malam berdua atau hal sederhana lainnya.

Apabila tidak ada cinta dalam pernikahan, maka Anda perlu menghindari membicarakan anak, pekerjaan rumah dan masalah keuangan.

6. Mengungkapkan rasa terima kasih
Cara sederhana namun sering diabaikan dalam pernikahan adalah mengungkapkan ekspresi rasa terima kasih kepada pasangan Anda. Ungkapan terima kasih ini sama halnya dengan menghargai tindakan dan kehadirannya di hidup Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *