H Saifuddin Minta JCH Kemenag Aceh Besar Jaga Marwah Kementerian Agama

  • Bagikan
H Saifuddin Minta JCH Kemenag Aceh Besar Jaga Marwah Kementerian Agama. Foto: MITABERITA.com

MITABERITA.com | Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar, H Saifuddin, menggelar acara Halal bi Halal dan Peusijuk Jamaah Haji Keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar.

Acara tersebut bertema “Menyambung Ukhuwah Mempererat Tali Silaturahmi Menggapai Haji yang Mabrur”, di Gedung PLHUT Aceh Besar, Jantho, Selasa 30 April 2024.

Dalam kesempatan tersebut, H Saifuddin menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1445 Hijriah dan memohon maaf lahir dan batin selama enam bulan bertugas di Aceh Besar.

Ia memberikan apresiasi kepada seluruh abdi sipil negara (ASN) atas kemajuan dan peningkatan kinerja, terutama dalam aspek kedisiplinan dan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Pencapaian yang luar biasa ini patut dibanggakan atas dedikasi para ASN,” ujar H Saifuddin.

Lebih lanjut, H Saifuddin menjelaskan, bulan Ramadan telah memberikan pembelajaran yang berharga bagi umat Islam selama satu bulan, dan hal tersebut harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam melaksanakan tugas di kantor.

Ia meminta kepada seluruh ASN untuk menjaga kekompakan sebagai insan Kemenag, karena ada pihak-pihak yang tidak ingin melihat kita maju.

“Madrasah Ramadan telah membentuk jati diri kita menjadi lebih kompak dan mampu menghilangkan sikap serta perilaku yang tidak baik,” ungkap H Saifuddin.

Setelah meraih kemenangan pada bulan Ramadan, H Saifuddin menekankan pentingnya menjaga kekompakan sesama insan Kemenag. Meskipun ada perbedaan prinsip, namun harapannya adalah kita memiliki prinsip yang sama di bawah naungan Kemenag Aceh Besar.

“Mari kita jadikan Ramadan sebagai perekat dan menjaga kekompakan serta melakukan introspeksi diri. Buanglah sifat-sifat buruk. Hakikat Ramadan bukan hanya puasa, tetapi juga menjadikan kita bersih, sabar, dan takwa sehingga saat Idul Fitri tiba, kita sudah bersih,” tambahnya.

H Saifuddin juga menyampaikan pentingnya tepung tawar, karena saat berangkat haji, setiap orang harus pergi dengan hati yang bersih. Sehingga ketika tiba di tanah suci, tidak ada beban di hati dan tidak membawa sifat-sifat tercela.

“Jika hal tersebut dilaksanakan, insyaallah kita akan pulang dengan haji yang mabrur,” ucapnya.

Ia juga mengajak seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) dari ASN Kemenag Aceh Besar untuk menjaga marwah Kemenag dan jemaah haji Aceh Besar. Menurutnya, jemaah Aceh Besar selalu dikenal sebagai jemaah terbaik karena patuh.

Hal ini berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan haji tingkat provinsi. Oleh karena itu, marwah tersebut patut disyukuri, dijaga, dan menjadi contoh bagi jemaah dari kabupaten/kota lain.

“Jemaah haji ASN Kemenag Aceh Besar harus menjadi duta kebaikan bagi jemaah haji di kloter dan jemaah lainnya. Semoga dengan niat baik ini, kita mendapatkan pahala lebih dari Allah,” harap H Saifuddin.

Ia juga menegaskan bahwa orang baik bukanlah hanya karena rajin salat, tetapi juga karena kebersihan hati dan tidak adanya rasa iri serta dengki. Semoga kita semua mampu melaksanakan hal ini dan menjaga kesucian hati.

“Selamat menunaikan ibadah haji. Semoga pergi dan pulang dengan selamat. Semoga mendapatkan haji yang mabrur,” katanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *