Pj Gubernur Aceh Upayakan Pengadaan Tanah untuk Kelancaran Pembangunan Tol Sibanceh

  • Bagikan
Pj Gubernur Aceh Bustamu Hamzah menerima audiensi tim perencanaan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan tanah Wilayah II, subdit pengadaan tanah jalan bebas hambatan kementerian PUPR bersama PT. Hutama karya di ruang rapat Gubernur Aceh. Jum’at 22 Maret 2024. Foto: Biro Adpim Setda Aceh

MITABERITA.com | Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah berkomitmen mempercepat penuntasan pengadaan tanah bagi kebutuhan penyelesaian pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Binjai-Langsa II.

“Kami mengharapkan pembangunan jalan tol dapat diselesaikan di bulan Agustus 2024, agar dapat dimanfaatkan dalam rangka mendukung PON di Aceh dan dapat diresmikan oleh presiden,” kata Bustami, saat menerima audiensi tim Subdit Pengadaan Tanah Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, di Kantor Gubernur Aceh, Jumat 22 Maret 2024 kemarin.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubermur juga menyerahkan dokumen yang disiapkan Pemerintah Aceh tentang penetapan lokasi (penlok) pembaharuan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa  II.

Sebelumnya, Kepala Satker Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II Kementerian PUPR, Agung Sapto, melaporkan pengadaan lahan untuk ruas jalan tol Binjai-Langsa masih tersisa 3 kilometer lagi dari total 44 kilometer.

Sementara pengadaan lahan untuk tol Sigli-Banda Aceh progressnya saat ini mencapai 99 persen, hanya menyisakan 37 bidang yang tesebar di seksi 1 Padang Tiji-Seulimum.

Selain itu, juga diperlukan penambahan lahan seluas 112 Hektar untuk penambahan badan jalan dan akses pintu tol.

“Terkait kebutuhan pengadaan lahan tambahan untuk jalan tol Sigli-Banda Aceh perlu penyiapan dokumen penetapan lokasi tambahan dan pembaharuan dari Pemerintah Aceh,” kata Agung.

Agung berharap, Pemerintah Aceh dapat mempercepat proses penyelesaian pengadaan tanah untuk ruas tol Sigli-Banda Aceh dan Binjai-Langsa II.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *