Pengamat Sebut Achmad Marzuki Layak Diganti

  • Bagikan
Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Aceh, Usman Lamreung. Foto: MITABERITA.com

MITABERITA.com | Pengamat Politik dan Kebijakan Publik Aceh Usman Lamreung mengatakan Achmad Marzuki sudah layak diganti dari posisi jabatan Pj Gubernur Aceh.

Menurut Usman Lamreung, selama ini kondisi komunikasi eksekutif – legislatif sangat buruk di Aceh, sehingga berdampak pada banyak persoalan yang harusnya segera diatasi, termasuk soal pengesahan APBA 2024.

Bahkan, Akademisi Universitas Abulyatama (Unaya) itu menyebut pergantian Pj Gubernur menjadi solusi agar hubungan eksekutif – legislatif Aceh bisa membaik.

“Apalagi kita tau bahwa hubungan Pj dengan Sekda tidak baik-baik saja, tentu sangat menganggu berbagai kebijakan termasuk tata kelola pemerintahan. Ditambah lagi hubungan dengan DPRA juga bermasalah,” kata Doktor di bidang ilmu politik itu, Jumat 8 Maret 2024.

Usman Lamreung berharap dengan adanya pergantian tampuk kepemimpinan Aceh, segera dapat mengurangi ketegangan antara lembaga eksekutif – legislatif di Aceh.

Dengan mengurangi ketegangan dua lembaga politik di Aceh, kita harapkan pengesahan dan realisasi anggaran APBA 2024 yang saat ini terkendala bisa segera teratasi dengan baik,” harapnya.

Dengan pelantikan Pj Gubernur Aceh yang baru nantinya, tambah Usman Lamreung, konflik politik dan anggaran harus segera selesai, dua lembaga politik juga harus harmonis demi pembangunan Aceh.

“Agar pembangunan Aceh berjalan baik tentu butuh konsolidasi politik dua lembaga, ditambah lagi Aceh harus fokus persiapan PON Aceh-Sumut, membutuhkan energi dan dukungan lembaga politik serta rakyat aceh,” ujarnya.

Dan yang paling penting, lanjut Usman, tahun ini Aceh bukan hanya menyelenggarakan PON, tapi juga akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur-Wakil Gubernur, dan Bupati-Wakil Bupati/Wali Kota-Wakil Wali Kota.

“Saat pelaksanaan Pilkada pun juga perlu kondisi poltik yang kondusif, maka sudah tepat jika Pj Gubernur Aceh segera diganti,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *