Kadinsos Aceh : Puasa Menjadi Tanda Bagi Orang Beriman

  • Bagikan
Kadinsos Aceh : Puasa Menjadi Tanda Bagi Orang Beriman. Foto: Dok. Dinsos Aceh

MITABERITA.com | Berpuasa di bulan ramadhan merupakan ciri seorang muslim sebagai hamba yang beriman, sebab puasa ialah ibadah rahasia yang hanya hamba dan Tuhannya saja yang tau.

Seperti disampaikan Kadis Sosial Aceh, Dr. Muslem, pada saat memberikan tausyiah pada kegiatan ceramah ramadhan perdana, Rabu 13 Maret 2024 di Mushala Dinsos Aceh.

Muslem mengutip sebuah hadis qudsi, “Al-shaumu lii wa Ana ajzi bih” puasa hanyalah untuk-Ku dan AKU yang akan memberikan ganjarannya. Ini menjelaskan bahwa orang-orang yang berpuasa meyakini dan mengimani keistimewaan puasa,” tutur Muslem.

Ia menjelaskan, perintah puasa telah ada sejak masa sebelumnya dan diturunkan bagi orang-orang beriman. Karena itu, sebagai umat Islam seharusnya berbahagia dan bersemangat menyambut bulan ramadhan yang di dalamnya banyak terkandung pahala dan ampunan.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” ujarnya, mengutip ayat Al-Quran dalam surat Al Baqarah.

“Ayat Al-Baqarah ini menerangkan bahwa Allah SWT khusus memanggil orang-orang beriman, karena hanya orang berimanlah yang siap untuk diberikan ujian dan tuntunan ini,” papar alumni program Doktoral UIN Ar-Raniry itu.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Muslem menyebutkan ada tiga kelebihan bulan ramadhan yang dikaruniai Allah SWT dibanding bulan-bulan lain, yaitu segala kebaikan dan kebajikan dilipatgandakan, serta terdapatnya malam mulia malam lailatul qadar yang lebih baik dari pada 1000 bulan.

Kegiatan ceramah rutin itu dihadiri seluruh pejabat Eselon, pejabat fungsional dan ASN serta non ASN di lingkup dinas induk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *