DPRK Aceh Besar Ridha Hidayatullah: Perencanaan Mempengaruhi Hasil Pembangunan

  • Bagikan
DPRK Aceh Besar Ridha Hidayatullah: Perencanaan Mempengaruhi Hasil Pembangunan. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Anggota DPRK Aceh Besar, Ridha Hidayatullah, menegaskan perencanaan yang matang akan membawa hasil yang dapat dipertanggungjawabkan, pembangunan idealnya melalui proses perencanaan melibatkan stakeholder.

“Kualitas perencanaan pembangunan tentunya akan mempengaruhi hasil, ibarat seseorang menanam pohon mangga akan melalu proses perabatan tanah, memilih bibit, memupuk hingga langka-langkah perawatan agat tidak diserang hama,” ujar Ridha, saat menyampaikan sambutannya pada Musrenbang Kecamatan Kuta Cot Glie, Selasa (26/03/2024), di UDKP setempat.

Menurutnya, seluruh stakeholder bekerja sistematis sesuai tupoksi masing-masing, dimulai musrenbang tingkat gampong hingga dipurnakan nanti dalam musrenbang tingkat kecamatan. Sistem yang telah dibangun ini tentunya melewati proses musyawarah.

“Tupoksi DPR mengawal usulan yang telah disepakati masyarakat terealisasi tahun 2025 oleh pemerintah daerah, menjalankan fungsi pengawasan, budgeting dan legislasi,” kata Ridha.

Staf Ahli Bupati Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerjasama, Adi Darma, M, Pd, mengatakan Musrenbang Kecamatan itu mengusung tema memantapkan reformasi birokrasi, pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pengembangan kawasan unggulan yang berkelanjutan.

“Musrenbang merupakan sebuah amanat Undang-Undang yang harus dilaksanakan setiap tahun. Karena, sebuah pembangunan yang baik, tentunya diawali dengan sebuah perencanaan yang baik dan berkualitas,” katanya.

Pihaknya haqul yakin jika perwakilan dari setiap gampong, jauh hari sudah melakukan pemetaan dan ruang kegiatan, yang akan dijadikan sebuah program kegiatan pembangunan di Kecamatan Kuta Cot Glie untuk satu tahun kedepan.

Untuk diketahui, kata dia, dalam percepatan pembangunan ada pilar utama yang sangat menentukan. Yang pertama adalah Pemerintah, kedua Dunia usaha dan industri.

Dunia usaha sangat penting, karena mereka memiliki kewajiban untuk membantu masyarakat melalui CSR, misalnya seperti di Kecamatan Lhoknga dan Leupung mereka memiliki PT SBA.

“Dan setiap tahun PT SBA akan membantu masyarakat sekitar, itulah pentingnya ada dunia usaha di setiap Kecamatan,” tutup Adi Darma. (Adv)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *