DPRK Aceh Besar: Musrenbang Sebagai Momentum Usulan Program Pembangunan di Pulo Aceh

  • Bagikan
DPRK Aceh Besar: Musrenbang Sebagai Momentum Usulan Program Pembangunan di Pulo Aceh. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Dalam upaya memaksimalkan pembangunan Kecamatan Pulo Aceh, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar dari Dapil 2 Fraksi PAN, Abdul Muchti, menekankan pentingnya menjadikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai momen krusial dalam menetapkan program pembangunan yang prioritaskan dan berdampak positif bagi masyarakat secara luas.

“Musrenbang kecamatan menjadi ajang penting untuk mengusulkan program pembangunan di Pulo Aceh,” ujar Abdul Muchti saat menghadiri pembukaan Musrenbang Kecamatan Pulo Aceh dalam rangka Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Besar Tahun 2025.

Acara tersebut bertema “Memantapkan reformasi birokrasi, pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan pembangunan kawasan unggulan yang berkelanjutan,” dan berlangsung di Gedung Serba Guna Penginapan BPKS UPT Gampong Lampuyang, Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar, pada Kamis (28/03/2024).

Muchti menilai bahwa sinergi antara Pemerintah Gampong, Kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten sangat penting untuk menyusun usulan program pembangunan.

Komunikasi yang berkelanjutan diperlukan untuk mencapai kesepakatan dan pemahaman yang sama. “Sinergi ini dimulai dari Musrenbang di tingkat Gampong, kemudian kecamatan, sebelum akhirnya disahkan dalam Musrenbang Kabupaten,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muchti juga menyoroti persoalan infrastruktur, khususnya kondisi jalan utama di Kecamatan Pulo Nasi yang sebagian ditangani oleh BPKS Sabang dan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar. Dia berharap penyelesaian ruas jalan yang dikerjakan oleh BPKS dapat segera diselesaikan.

“Selain itu, Puskesmas Pulo Aceh juga harus segera diselesaikan agar pelayanan kesehatan lebih mudah diakses oleh masyarakat setempat dan tidak perlu lagi berobat jauh ke Banda Aceh,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Besar, Drs Sulaimi, mengatakan bahwa Musrenbang RKPD di tingkat kecamatan bukan hanya sebagai formalitas belaka. Kegiatan ini merupakan tahapan penting dalam merumuskan pembangunan yang merata di Kabupaten Aceh Besar.

“Musrenbang kecamatan ini adalah titik awal dalam proses perencanaan anggaran pemerintah,” jelasnya.

Camat Pulo Aceh, Jamaluddin SE, mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam Musrenbang RKPD tahun 2025. Ia berharap usulan yang dihasilkan dapat menghasilkan program-program berkualitas untuk kebaikan bersama.

“Terima kasih atas kehadiran dan partisipasi semua. Semoga hasil Musrenbang ini memberikan dampak positif bagi semua pihak,” tandasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forkopimcam Pulo Aceh, keuchik, tuha peut, dan perwakilan masyarakat gampong se-Kecamatan Pulo Aceh. (Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *