DPRK Aceh Besar Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Musrenbang

  • Bagikan
DPRK Aceh Besar Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Musrenbang. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar dari Fraksi PAN, Rahmat Aulia, menyoroti peran penting partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Menurutnya, Musrenbang tidak hanya merupakan seremoni formal, tetapi juga sebuah wadah nyata untuk mengekspresikan kebutuhan riil masyarakat dalam pembangunan daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Rahmat Aulia menegaskan pentingnya fokus pada kualitas usulan daripada jumlahnya. “Kualitas usulan yang diajukan jauh lebih penting daripada kuantitas. Hal ini harus menjadi perhatian utama dalam penyusunan setiap usulan pembangunan,” ujarnya.

Hal itu disampaikan Rahmat Aulia saat menghadiri Musrenbang RKPD tingkat kecamatan Indrapuri, di Aula UDKP Kecamatan Indrapuri, pada Selasa (26/3/2024).

Ia juga menekankan bahwa Musrenbang merupakan salah satu dari beberapa sumber yang menjadi dasar dalam perancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten/Kota (APBK), bersama dengan pokir anggota dewan, program bupati/walikota, dan kerjasama dengan instansi pemerintah pusat.

Partisipasi masyarakat dalam Musrenbang dianggap sebagai yang paling efektif dalam menghasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat.

Rahmat Aulia, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD KNPI Aceh Besar, menyoroti peran penting anggota dewan dari kecamatan dalam memastikan pembangunan lokal sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baginya, tanggung jawab ini tidak hanya berhenti pada tahap Musrenbang, melainkan juga memastikan bahwa usulan-usulan tersebut benar-benar diimplementasikan oleh pemerintah daerah, sehingga menjamin partisipasi aktif anggota dewan dalam pembangunan yang berkelanjutan.

“Perwakilan anggota dewan memiliki peran strategis dalam memastikan bahwa usulan-usulan prioritas dari Musrenbang benar-benar diwakili dan ditanggapi serius oleh pemerintah daerah,” tegasnya. (Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *