Ayo Donor Darah, PMI Kota Banda Aceh Bagi Paket Sembako untuk Pendonor

  • Bagikan
Ketua PMI Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri. Foto: dok. PMI Banda Aceh

MITABERITA.com | PMI Kota Banda Aceh membagikan sembako kepada setiap masyarakat yang melakukan donor darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Banda Aceh, baik bagi pendonor langsung di Gedung UDD maupun pada mobil unit di masjid atau warung kopi. Program ini berlangsung selama bulan Ramadan 1445 Hijriah.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Ahmad Haeqal Asri mengatakan, paket sembako diberikan sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada pendonor yang sudah mendonorkan darahnya di bulan Ramadan.

“Di setiap Ramadan kita biasanya memang ada paket sembako untuk pendonor, alhamdulillah Ramadan tahun ini masih berjalan dan isi paketnya banyak,” kata Haeqal, Rabu 13 Maret 2024.

“Paket sembako ini ada karena donasi dari masyarakat yang sudah percaya dan menyalurkan donasi melalui PMI Kota Banda Aceh. Jadi ibaratnya sembako ini sedekah untuk pendonor yang sudah menyedekahkan darahnya di Bulan Suci,” sambungnya.

Haeqal menyebutkan, saban Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri jumlah pendonor sukarela di PMI Kota Banda Aceh menurun. Karenanya, paket sembako juga diharapkan bisa menambah semangat dan antusiasme masyarakat Aceh untuk melakukan donor darah di bulan Ramadan.

Selama Ramadan PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan masjid dan pemilik warung kopi untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan dimulai usai tarawih hingga pukul 23.00 WIB.

Sementara pelayanan donor darah di Gedung UDD PMI Kota Banda Aceh buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 23.00 WIB.

“Dari 1 Ramadan sampai 15 Ramadan kita fokus untuk selenggarakan donor darah di masjid, 15 terakhir Ramadan baru lebih sering di warung kopi,” jelas Haeqal.

Ia mengatakan, jadwal kegiatan donor darah PMI Kota Banda Aceh selama Ramadan bisa dilihat melalui aplikasi Donorku dan akun Instagram @pmikotabandaaceh.

Haeqal berharap, masyarakat Aceh, khususnya yang berada di Banda Aceh dan sekitarnya bisa menjadi pendonor rutin untuk membantu pasien di rumah sakit yang sedang membutuhkan darah.

Haeqal mengajak masyarakat Aceh agar menjadikan donor darah sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga berdampak positif bagi kesehatan pendonor sendiri.

Diantara manfaat donor darah ialah menurunkan risiko serangan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan risiko kanker, membakar kalori, dan menurunkan kadar kolesterol.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *