Antisipasi Praktik Curang Penjualan BBM, Polisi Periksa Sejumlah SPBU

  • Bagikan
Polisi Periksa Sejumlah SPBU. Foto: Humas Polda Aceh

MITABERITA.com | Personel Satreskrim Polres Gayo Lues memeriksa sejumlah SPBU untuk mengantisipasi praktik curang penjualan BBM jelang hari raya Idulfitri 1445 H, Kamis 28 Maret 2024.

Dirreskrimsus Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan, pengecekan dilakukan berdasarkan perintah Kabareskrim Polri melalui Kapolda Aceh, yang menyikapi adannya praktik curang di sejumlah SPBU di beberapa wilayah. Ada dugaan oknum mencampur bahan bakar minyak (BBM) dengan air.

Winardy mengatakan, Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko telah memerintahkan jajarannya untuk menindak SPBU nakal yang merugikan konsumen atau pengguna kendaraan.

“Pengecekan terhadap SPBU ini sebagai wujud antisipasi agar tidak ada praktik kecurangan, baik dengan mencampur air maupun mengurangi volume BBM. Kalau kedapatan akan ditindak tegas karena merugikan konsumen,” kata Winardy, Kamis 28 Maret 2024.

Winardy juga menjelaskan, pengecekan tersebut dilakukan pada dua SPBU di Gayo Lues, yaitu SPBU Raklunung dan SPBU Pengkala Blangkejeren. Hasilnya, tidak ditemukan praktik curang.

“Dari hasil pengecekan tidak ada indikasi curang. Pompa nozzle normal dan semua mesin dispenser masih tersegel. BBM yang dikeluarkan pun sama dengan jumlah harga yang tertera,” jelasnya.

Namun demikian, Winardy tetap mengimbau para pemilik SPBU agar tidak main-main atau coba-coba mencurangi meteran dispenser BBM atau praktik kecurangan lainnya, karena dapat berujung pidana.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *