Aliansi Masyarakat Demokrasi dari Aceh Tolak Hasil Pemilu 2024

  • Bagikan
Aliansi Masyarakat Demokrasi dari Aceh Tolak Hasil Pemilu 2024. Foto: MITABERITA.com/Hidayat

MITABERITA.com | Elemen masyarakat Aceh yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Demokrasi menolak keras hasil pemilu 2024 yang menurut mereka terindikasi adanya kecurangan yang sangat massif.

Penolak tersebut disampaikan dalam konferensi pers yang berlangsung di Sekber Wartawan Banda Aceh, Jumat 8 Maret 2024.

Kordinator Aliansi Masyarakat Demokrasi untuk Indonesia yang bermartabat dan berdaulat, Yulindawari mengatakan, pemilu yang berlangsung pada 14 Februari 2024 mendapat banyak protes dari berbagai elemen karena diduga adanya kecurangan.

Bahkan, Yulindawati mengatakan kondisi demokrasi Indonesia hari ini sudah tak lagi memperhatikan nilai nilai seperti yang telah diperjuangkan di era reformasi dulu.

Bahkan, mereka menilai kondisi Indonesia hari ini lebih buruk dari era orba yang sebagian besar orang tidak berani bersuara karena akan dibungkam oleh penguasa.

“Sayangnya, hari ini orang orang juga tidak banyak yang berani berbicara mengkritik penguasa karena bisa bermasalah,” katanya.

Untuk itu, Aliansi Masyarakat Demokrasi dari Aceh ini menyampaikan pernyataan sikap terhadap pemilu yang  menurut mereka penuh kecurangan.

Berikut pernyataan sikapnya:

1. Mendesak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu 2024
2. Mendesak agar ketua KPU dan ketua Bawaslu pusat dicopot dari jabatannya dan diproses hukum
3. Mendesak KPU dan Bawaslu mengehentikan tayangan hasil hitung cepat (Quick Count) dan hasil hitung real (Real Count) oleh KPU hasil pemilu 2024 di seluruh media
4. Mendesak dilakukan audit forensik terhadap IT KPU (Sirekap)
5. Mendesak penyelenggara pemilu untuk mendiskualifikasi Paslon 02
6. Mendesak DPR RI membentuk tim pansus serta menjalankan hak angket untuk menyelidiki segala pelanggaran Undang-undang dalam pelaksanaan pemilu 2024
7. Menuntut pemakzulan Jokowi dari jabatan presiden

“Jika tuntutan tuntutan kami tidak dilaksanakan maka kami menolak semua hasil pemilu 2024,” tegasnya.

Hadir pada kesempatan itu Chairul Manggeng dari Forum relawan demokrasi, Said MZ dari relawan Ganjar Pranowo presiden, dan beberapa orang lainnya yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Demokrasi dari Aceh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *