PHBI Gampong Lamteungoh Selenggarakan Aneka Lomba Anak

  • Bagikan
PHBI Gampong Lamteungoh Selenggarakan Aneka Lomba Anak. Foto: MITABERITA.com

MITABERITA.com | Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Gampong Lamteungoh dan Lamtutui, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, menggelar aneka lomba untuk anak.

Kegiatan dengan tema Spirit of Ramadhan VII itu akan  berlangsung di dua gampong tersebut mulai 26 Februari hingga 06 Maret 2024.

Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan spritual anak-anak dalam rangka menyemarakkan dan menyambut bulan suci Ramadhan.

Ketua Panitia, Muhammad Agil Aulia dalam sambutannya pada pembukaan acara Ahad malam 25 Februari 2024 menyebutkan, aneka lomba yang dilaksanakan yaitu lomba azan, hafalan ayat pendek, hafalan shalat fardhu,  hafalan shalat jenazah, tilawatil quran, tartil, pidato, syarhil dan cerdas cermat.

Kata dia, lomba yang mengusung tema “Ramadhan Ceria, Bulan Yang Dinantikan” tersebut diikuti sebanyak 185 peserta.

Sementara Keuchik Gampong Lamtutui, Baharudin  mengatakan kegiatan tersebut diikuti anak-anak dari delapan gampong yang ada di Kemukiman Lamteungoh, Kecamatan Peukan Bada.

“Alhamdulillah, Untuk tahun ini, Lamtutui dan Lamteungoh menjadi Panitia bersama untuk kegiatan spirit of Ramadhan ini, dan kami aparatur desa selalu siap memberikan dukungan penuh kepada  generasi bangsa untuk mencegah mereka lalai dengan hal hal duniawi dan terjerumus dalam pemakaian narkoba” ujar Keuchik Bahar.

Ustad Mawardi Ajad, dalam sambutannya mewakili Imum Mukim Lamteungoh mengatakan, kegiatan Spirit of Ramadhan ini merupakan  agenda tahunan Mukim Lamteungoh yang sempat terhenti semenjak COVID-19 yang melanda dunia.

“Lebih kurang hampir empat tahun kegiatan ini vakum dan tidak dilaksanakan, Alhamdulillah, tahun ini telah dapat kita laksanakan kembali dan mendapatkan sambutan yang antusias dari anak – anak dan juga para orang tua,” ujar Ustad Mawardi.

Sementara itu, Sekda Aceh Besar Sulaimi saat membuka secara resmi acara tersebut berharap agar kegiatan itu rutin dilaksanakan dan juga ditingkatkan.

“Dari tingkat gampong menjadi kemukiman hingga kemudian menjadi menjadi agenda kecamatan dan harus rutin dilaksanakan,” harapnya.

“Karena bukan tidak mungkin kelak dari ajang-ajang seperti inilah akan muncul imam-imam, qari-qariah, dan dai terbaik di masa yang akan datang, dan juga memudahkan pihak kabupaten untuk menjaring dan melakukan seleksi untuk ke ajang yang lebih tinggi,”
katanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Camat Peukan Bada, Kapolsek, Danrami, Ketua MPU Peukan Bada, para keuchik dan tokoh agama se-Kemukiman Lamteungoh, serta pimpinan dayah.

Acara ditutup dengan doa dan syair Aceh oleh Penyair terkenal yaitu Cek Medya Hus.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *