Mantan Prajurit AS Bakar Diri dan Berteriak “Bebaskan Palestina”

  • Bagikan
Seorang pria yang disebut mantan prajurit AS bakar diri dan berteriak "Bebaskan Palestina". Foto: tangkapan layar video pada akun X

MITABERITA.com | Seorang pria yang disebut sebagai mantan tentara Amerika Serikat (AS) melakukan aksi mengerikan di depan kedutaan israel di Washington DC Amerika Serikat.

Pria yang berpakaian milter itu berjalan di depan kedutaan tersebut dan menuangkan cairan ke tubuhnya, sebelum menghidupkan korek api.

Dilihat dari postingan pada akun X @tamerqdh, Senin 26 Februari 2024, seorang pria mengenakan pakaian militer lengkap dengan topi itu tanpa ragu membakar diri sediri.

Pada saat api menjalar ke seluruh tubuhnya, dalam keadaan kesakitan ia beberapa kali sempat berteriak, “bebaskan palestina”, hingga akhirnya tumbang.

Tak lama kemudian, polisi dan ambulance berdatangan dan memadamkan api di tubuhnya menggunakan alat pemadam api ringan (apar).

Bagi pria tersebut, membakar dirinya dianggap merupakan hal mengerikan, tapi menurutnya itu tidak seburuk apa yang terjadi di Gaza.

Sementara itu, akun X @sahabatalaqsa menulis, “Mantan prajurit AS serukan ‘Free Palestine’ di depan kedubes ‘israel’ di Washington DC, lalu membakar dirinya sebagai protes atas genosida yang dilakukan penjajah laknatullah di #Gaza.”

Kabarnya, kini pria tersebut dalam keadaan kritis di rumah sakit.

Sementara itu, dilansir Okezone, Senin, peristiwa itu terjadi pada Ahad 25 Februari 2024, sekitar pukul 13.00 waktu setempat (18.00 GMT).

Departemen pemadam kebakaran kota mengatakan petugas dari Dinas Rahasia AS memadamkan api sebelum pria tersebut dibawa ke rumah sakit dengan luka kritis yang mengancam nyawa.

Departemen kepolisian Washington sedang melakukan penyelidikan bersama dengan Dinas Rahasia dan otoritas terkait lainnya.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan pria tersebut tidak dikenal oleh staf kedutaan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *