Ganjar Minta Anggaran untuk Kesehatan yang Terpotong Dikembalikan

  • Bagikan
Capres Nomor urut 3, Ganjar Pranowo (foto: dok MPI)

MITABERITA.com | Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyebut, anggaran kesehatan dari APBN terpotong. Untuk itu, Ganjar menilai, anggaran kesehatan perlu dikembalikan untuk mewujudkan layanan kesehatan yang baik.

Pernyataan itu dilontarkan Ganjar saat menjawab pertanyaan dari panelis terkait strategi untuk memprioritaskan anggaran guna meningkatkan program promotif dan preventif di sektor kesehatan.

Ganjar pun menilai, peningkatan program promotif dan preventif bisa dimulai dari pengetahuan masyarakat terkait kesehatan. Minimal, kata Ganjar, masyarakat perlu olahraga, makan sehat dan menjaga kesehatan dari diri sendiri.

“Kalau tadi dalam pembukaan saya sampaikan mesti preventif dan promotif mesti diwujudkan dalam bentuk pengetahuan kita terhadap kesehatan. Minimal untuk kita sendiri, olahraga, makan sehat, saya kira itu yang paling baik,” kata Ganjar di forum Debat Kelima Pilpres 2024, Ahad 4 Februari 2024.

Pada tahap berikutnya, kata Ganjar, pemerintah perlu menyediakan fasilitas kesehatan hingga ke desa, seperti salah satu program unggulan yang dicanangkannya yakni 1 desa, 1 fasilitas kesehatan, 1 tenaga kesehatan.

“Hanya memang ketika UU sebelumnya mengatur, kalau memang ada presentase dari anggaran untuk kesehatan itu diberikan, terpotong kemarin,” ucap Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar bertekad akan mengembalikan dan menaikan anggaran kesehatan dalam APBN. Tujuannya, untuk menghadirkan layanan kesehatan yang jauh lebih baik kepada masyarakat.

“Rasanya ini mesti dikembalikan. Angka 5-10%. Jadi angka yang bisa memastikan dalam politik kesehatan kita layanan itu akan jauh lebih baik,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *