Pemkab Aceh Barat Gelar Musrenbang Pertama di Kecamatan Johan Pahlawan

  • Bagikan
Pemkab Aceh Barat Gelar Musrenbang Pertama di Kecamatan Johan Pahlawan. Foto: Humas Pemkab Aceh Barat

MITABERITA.com |  Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mulai menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2025 perdana tingkat kecamatan di Johan Pahlawan.

Kegiatan itu mengambil tema “Memacu Pertumbuhan Ekonomi Melalui Stabilisasi Produktivitas dan Pengembangan Hilirisasi Produk, Serta Meningkatkan Daya Saing Daerah” yang digelar di  Kantor Camat Johan Pahlawan, Senin 29 Januari 2024.

Pj Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang RKPD Tahun 2025, di tingkat kecamatan Johan Pahlawan diharapkan menjadi momen penting bagi masyarakat untuk memberikan masukan, saran, dan gagasan pembangunan.

Menurutnya, pertemuan ini menjadi bagian integral dalam penyusunan RKPD 2025, untuk mendukung percepatan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Musrenbang tingkat kecamatan merupakan agenda tahunan yang secara rutin membahas dan menyetujui program serta kegiatan yang menjadi prioritas di kecamatan,” ujarnya.

Kata Pj Bupati, kegiatan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017. Sebelumnya, serangkaian Musrenbang telah dilaksanakan mulai dari tingkat gampong dengan tujuan menyempurnakan RKPD tahun 2025.

Mahdi menambahkan, selaras dengan tema pembangunan tahun kelima Rencana Pembangunan Daerah Kabupaten Aceh Barat (2023-2026) yang mengedepankan upaya memacu pertumbuhan ekonomi melalui stabilisasi produktivitas dan pengembangan hilirisasi produk.

Pada tahun 2025, kata Mahdi, fokus kebijakan pembangunan tetap harus diarahkan pada langkah-langkah konkret untuk menyelesaikan isu-isu utama seperti pengendalian inflasi, penanganan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrem, stabilitas politik dan keamanan menjelang Pemilu 2024.

Kemudian, pemberdayaan ekonomi masyarakat, peningkatan investasi, mitigasi bencana daerah, perencanaan tata ruang wilayah (RTRW), serta pemantapan nilai-nilai syariat Islam, ungkapnya

“Dengan sinergi dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat, diharapkan Musrenbang RKPD 2025 akan menjadi tonggak pembangunan yang berkelanjutan, menciptakan daerah yang lebih maju dan sejahtera,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *