Mahkamah Syariyah Jantho Terus Berbenah

  • Bagikan
Ketua Mahkamah Syariyah Jantho Redha Valevi (tengah). Foto: dok. MS Jantho

MITABERITA.com | Ketua Mahkamah Syar’iyah Jantho Dr. Muhammad Redha Valevi menyampaikan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyatakat Aceh Besar.

“Kita harus berlari mengejar ketertinggalan, berbenah dan mengubah Mahkamah Syariyah Jantho menjadi wajah baru,” ujarnya, Senin 1 Januari 2023.

Menurutnya, meningkatkan pelayanan prima dan optimal merupakan komitmen pimpinan dengan wujud pembenahan di segala lini. Menghadapi tahun 2024, Mahkamah Syar’iyah Jantho juga bersiap dengan semangat yang tinggi.

Satuan Kerja Mahkamah Syar’iyah Jantho terus berbenah diri di segala lini, pembenahan ini dilakukan dari berbagai sektor, mulai dari meningkatkan sarana dan prasarana tidak hanya bagi aparatur terlebih juga kepada sektor pelayanan publik atau masyarakat pencari keadilan.

Pada sektor pelayanan publik, MS Jantho berbenah dengan meningkatkan, memperbaiki atau membuat sarana dan prasarana yang bertujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat pencari keadilan yang datang ke MS Jantho.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain; penyediaan sarana parkir mobil dan sepeda motor yang representatif, pembangunan mushalla dengan ruang tempat wudhu dan toilet yang representatif, perbaikan dan pembangunan ruang tunggu sidang yang nyaman dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis bagi pengunjung.

“Dan tidak lupa mengedepankan sarana kepada kaum disabilitas seperti tempat duduk prioritas di ruang tunggu sidang. Kemudian penyediaan tempat duduk yang nyaman bagi penunggu sidang, sering disebut tempat duduk “instagramable” oleh penunggu sidang,” kata Redha Valevi.

Ketua MS Jantho itu menyebutkan, fasilitas lainnya yang disediakan yaitu jalur khusus disabilitas dan kamar mandi ramah khusus bagi kaum disabiltas. Ada juga penyediaan pengambilan antrian sidang dan PTSP secara otomatis dengan menggunakan mesin antrian.

“Kita juga merenovasi halaman kantor dengan pengecoran lantai halaman yang bertujuan memberikan keindahan ‘wajah’ MS Jantho agar tidak tergenang air serta  merenovasi taman di lingkungan MS Jantho,” katanya.

Selain itu juga ada penyediaan ruang mediasi terbuka atau Gazebo Mediasi, yang merupakan terebosan baru di lingkungan Mahkamah Syar’iyah. Banyak masyarakat pencari keadilan yang memberikan apresiasi dengan berfoto di Gazebo Mediasi.

Untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik, MS Jantho juga berbenah meningkatkan sarana dan prasarana di sektor internal, seperti, membuat sarana olahraga Jantho Sport Park (JSP). Ada arana olahraga Lapangan Tennis dan Bulutangkis serta taman menambah keindahannya.

Dalam masa kepemimpinan Redha Valevi, MS Jantho juga sudah ada gedung baru dan berbagai fasilitas lainnya yang bertujuan untuk meberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.

“Renovasi besar-besaran satuan kerja MS Jantho tentu wajib diikuti dengan peningkatan layanan yang prima bagi para pihak yang berperkara, dengan bergabung wajah baru personalia di jajaran kepaniteraan, dan jajaran kesekretariatan ikut menginjeksi power full satuan kerja ini dalam meningkatkan kinerja, penyelesaian perkara yang tinggi, meningkat drastisnya rangking SIPP tertinggi sejak penilaian Sistem informasi penelusuran perkara di gulirkan oleh Mahkamah Agung bagi MS Jantho,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Redah Valevi, nilai satker dalam penilaian triwulan terdongkrak dari perolehan tahun-tahun sebelumnya dan telah menghasilkan spirit tak terhingga bagi seluruh aparatur MS Jantho.

Ketua MS Jantho itu berharap dukungan dari semua pihak agar satuan kerja yang ia pimpin itu ke depan semakin baik lagi. “Alhamdulillah sudah perubahan yang kita lakukan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, semoga ke depan lebih baik lagi dan menjadi satuan kerja yang hebat,” demikian harapnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *