Mahasiswa se-Indonesia Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka di USK

  • Bagikan
Mahasiswa se-Indonesia Ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka di USK. Foto: Ist

MITABERITA.com | Ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di se Indonesia melaksanakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Universitas Syiah Kuala (USK). Mereka diterima dan dijamu Rektor USK, Prof Marwan di AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Rabu malam 24 Januari 2024.

“Saya atas nama pimpinan, dan segenap sivitas akademika USK mengucapkan selamat datang di Kampung Jantong Hate Rakyat Aceh,” ucap Prof Marwan.

Menurutnya, satu kehormatan bagi USK karena mendapatkan kepercayaan kembali melaksanakan Mahasiswa Inbound. Dimana pada Januari ini PMM sudah memasuki angkatan keempat. USK berupaya melaksanakan PMM sebaik mungkin.

Dengan tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”, para mahasiswa dengan ragam warna almamater di Tanah Air, diharapkan segera bisa beradaptasi, bersosialisasi dengan mahasiswa dari banyak kampus, USK, hingga masyarakat sekitar.

“Ini menjadi kesempatan berharga untuk mengenal Nusantara secara lebih luas. Pertukaran informasi tentang budaya, pembelajaran kampus masing-masing, menjadi bekal saat kembali ke kampus asal nantinya. Berhubung sudah di Aceh, jangan lupa ke Sabang,” pesan Rektor.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PMM di USK Mujiburrahman menyampaikan, antusiasme PMM Angkatan 4 di USK terbilang tinggi. Mulanya USK menyediakan kuota 550 peserta, namun pelamarnya tembus 600 mahasiswa.

“Setelah seleksi dari kementerian terkait, yang memenuhi syarat sebanyak 300 mahasiswa, namun dalam perjalanannya ada yang berhalangan, maka peserta PMM di USK Angkatan 4 sebanyak 230 orang,” ungkapnya.

Tahun ini pesertanya didominasi oleh mahasiswi dengan jumlah 144 orang, selebihnya merupakan laki-laki. Adapun peserta terjauh berasal dari Palopo, Sulawesi Selatan.

“Peserta terbanyak berasal dari Universitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan jumlah 14 orang. Disusul Universitas Negeri Yogyakarta 8 orang. Alhamdulillah PMM Angkatan 4 naik berkali-kali lipat dari PMM 3 Agustus tahun lalu dengan jumlah peserta 47 orang,” pungkasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *