Korban Kebakaran Rumah di Aneuk Galong Titi, Terima Bantuan dari Pemkab Aceh Besar

  • Bagikan
Korban kebakaran rumah di Aneuk Galong Titi menerima bantuan dari Pemkab Aceh Besar. Foto: MC Aceh Besar

MITABERITA.com | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melalui Baitul Mal manyalurkan bantuan kepada korban musibah bencana kebakaran rumah di Gampong Aneuk Galong Titi Kecamatan Suka Makmur, Aceh Besar, dengan total bantuan sebesar Rp 20 juta.

Penyaluran bantuan tersebut diserahkan Pj Bupati Muhammad Iswanto diwakili Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Besar Heru Saputra, didampingi Plt Kepala Dinas Sosial Aulia Rahman, di halaman Meunasah Gampong Aneuk Galong Titi, Aceh Besar, Jumat 5 Januari 2024.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh Besar Heru Saputra mengatakan, bantuan yang diserahkan Pemerintah Aceh Besar melalui Baitul Mal merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat yang tertimpa musibah.

“Karena melihat kondisi korban sangat memprihatinkan, sesuai dengan arahan pimpinan yaitu Pj Bupati, pihak Baitul Mal Aceh Besar langsung turun ke lapangan untuk memberikan bantuan, tujuannya meringankan beban yang dialami oleh saudara kita yang mengalami musibah kebakaran,” ujarnya

Ia menjelaskan, bantuan yang diserahkan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 20 juta merupakan dana dari program Mustahiq, karena korban sudah masuk dalam kriteria mustahiq dalam hal ini skala kerusakannya sudah di atas 70 persen.

“Kami dari pihak Baitul Mal memberikan bantuan kepada korban sebesar Rp 20 juta rupiah sebagai modal awa,l supaya mereka bisa kembali membangun tempat untuk sementara waktu,” jelas Heru Saputra.

Ia menyebutkan, sebelumnya korban musibah tersebut telah mendapat bantuan masa panik yang diserahkan oleh Dinas Sosial Aceh Besar.  “Pemkab Aceh Besar bergerak cepat guna penanganan musibah yang menimpa warganya,” tambah Heru Saputra.

Heru Saputra meminta kepada korban atau penerima manfaat agar dapat menggunakan bantuan ini dengan baik, walaupun jumlah bantuan yang diberikan tidak mencukupi.

“Namun kiranya bantuan ini dapat dipergunakan dengan sabaik-baiknya sesuai dengan peruntukannya dan kami juga berharap baik itu dari pihak Gampong ataupun pihak lain dapat menambah bantuan tersebut, sehingga saudara kita yang musibah ini bisa kembali memiliki tempat tinggal bersama keluargnya,” harapnya.

Sementara itu, korban terdampak kebakaran Marluddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perangkat Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang memberikan bantuan kepada keluarganya. “Terima kasih kami ucapkan, semoga apa yang sudah dibantu menjadi manfaat dan berkah bagi kita semua,” ungkapnya.

Ia menceritakan, awal kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 19.30 WIB dan disebabkan oleh korsleting listrik. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, rumah itu milik nenek saya kebetulan seorang janda,” jelasnya.

Marluddin mengungkapkan, pada saat rumahnya terbakar, ada 9 armada pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api tersebut. “Tidak ada barang yang bisa diselamatkan, pada kejadian tersebut motor milik tetangga saya pun juga ikut terbakar,” demikian Marluddin.

Baca juga: Nasib Pasangan Muda di Aceh Besar Usai Rumahnya Ludes Terbakar

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *