DPRK Aceh Besar Mulai Memasuki Masa Reses Tahun Sidang 2023-2024

  • Bagikan
DPRK Aceh Besar Mulai Memasuki Masa Reses Tahun Sidang 2023-2024. (FOTO: HUMAS DPRK ACEH BESAR)

MITABERITA.com | Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, menegaskan komitmen lembaga legislatif dalam menjalankan fungsi pengawasan, fungsi anggaran, dan legislasi, meskipun memasuki tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2024. Hal tersebut disampaikan dalam rapat paripurna ke-6 dengan agenda penutupan masa persidangan ke-II tahun sidang 2023-2024, yang digelar di Kota Jantho pada Rabu, 31 Januari 2024.

“Tahun 2024 merupakan tahun politik di mana semua partai peserta pemilu sedang bersiap untuk mendapatkan mandat dari rakyat. Namun, DPRK tetap fokus menjalankan fungsi-fungsi konstitusionalnya,” ujarnya.

Iskandar menegaskan bahwa para wakil rakyat tetap bertanggung jawab dalam mengelola tugas untuk mewujudkan amanat rakyat, meningkatkan kesejahteraan, dan menjaga kepentingan daerah, bangsa, dan negara.

Dalam masa persidangan ke-II ini, DPRK Aceh Besar telah berhasil menyelesaikan satu rancangan qanun menjadi qanun di luar prolegda 2023, yakni qanun tentang APBK 2024. Selain itu, DPRK juga tengah membahas sisa prolegda tahun 2023 pada tahapan pembicaraan tingkat I.

“Komitmen DPR untuk menyelesaikan sejumlah rancangan qanun guna memenuhi kebutuhan hukum daerah telah menjadi prioritas kami,” tambah Iskandar.

Lebih lanjut, Iskandar menyampaikan bahwa DPRK telah menetapkan 11 rancangan qanun sebagai prolegda tahun 2024, yang tertuang dalam keputusan DPRK Aceh Besar nomor 14/DPRK/2023 tanggal 28 November 2023.

Dalam konteks fungsi anggaran, DPRK telah berhasil membahas dan menetapkan APBK 2024 tepat waktu, dengan harapan memberikan manfaat bagi masyarakat Aceh Besar. Selain itu, DPRK juga akan terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan APBK 2023 agar berjalan efektif dan akuntabel.

Iskandar juga mengumumkan bahwa sejak tanggal 1 hingga 7 Februari 2024, seluruh pimpinan dan anggota DPRK Aceh Besar akan melakukan masa reses masa persidangan ke-II tahun sidang 2023-2024. Mereka akan turun ke daerah pemilihan masing-masing untuk mendengarkan dan menyerap aspirasi rakyat, serta menjelaskan tugas-tugas konstitusional yang telah dilaksanakan oleh DPRK Aceh Besar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *