Debat Cawapres: Gibran Gestur Nyari-nyari di Debat: Saya Nggak Nemu Jawaban Prof Mahfud

  • Bagikan
Gestur Gibran mencari jawaban Mahfud (Foto: dok. YouTube KPU)

MITABERITA.com | Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan gerak tubuh atau gestur mencari-cari usai mendengar jawaban cawapres Mahfud Md tentang pertanyaan yang diajukannya mengenai cara mengatasi greenfaltion atau inflasi hijau.

Dengan kesan mengejek, Gibran mengaku sedang mencari jawaban Mahfud yang tidak ditemukannya. Hal itu terjadi saat segment tanya jawab antar cawapres di debat di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Ahad 21 Januari 2024.

Usai mendengar jawaban Prof Mahfud, Gibran tampak melakukan aktivitas mencari-cari sesuatu. Dia sempat meletakkan tangannya di dekat kepala sambil melihat ke arah Mahfud.

“Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud, saya nyari-nyari di mana ini jawabannya, nggak nggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah menjelaskan ekonomi hijau?” kata Gibran.

Gibran kemudian menjelaskan soal inflasi hijau yang dimaksudnya. Gibran juga memberikan contoh yakni tentang gerakan rompi kuning di Prancis.

“Prof Mahfud yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu, ya kita kasih contoh yang simpel aja, demo rompi kuning di Prancis, bahaya sekali, sudah memakan korban, ini harus kita antisipasi jangan sampai terjadi di Indonesia,” tutur dia.

Gibran menambahkan bahwa transisi menuju energi hijau harus hati-hati. Dia ingin Indonesia belajar dari negara maju.

“Kita belajar dari negara maju, negara maju aja masih ada tantangan-tantangannya, intinya transisi menuju energi hijau itu harus super hati-hati, jangan sampai malah membebankan R and D yang mahal, proses transisi yang mahal ini kepada rakyat kecil, itu maksud saya inflasi hijau, Prof Mahfud,” kata dia

Mahfud Md kemudian menilai jawaban dari Gibran tidak karuan. Menurutnya, penjelasan Gibran soal greenflation tidak ada kejelasan.

“Saya juga ingin mencari tuh, jawabannya ngawur juga. Ngarang-ngarang nggak karuan, mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada,” kata Mahfud.

Saat mengatakan hal itu, Mahfud sempat menirukan gestur yang dilakukan Gibran kepadanya. Mahfud lalu enggan memberi tanggapan ke Gibran atas pertanyaan solusi menangani greenflation.

Menurutnya, pertanyaan soal greenflation bersifat ‘recehan’ sehingga menurutnya tak layak dijawab.

“Kalau akademis itu, gampangnya kalau yang bertanya seperti itu tuh recehan. Oleh sebab itu, itu tidak layak dijawab menurut saya, dan oleh sebab itu saya kembalikan ke moderator,” kata Mahfud.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *