Dana Hibah Pilkada Aceh Besar Rp 24 Miliar

  • Bagikan
Dana Hibah Pilkada Aceh Besar Rp 24 Miliar. Foto: Ist/Net

MITABERITA.com | Kepala Badan Kesbangpol Aceh Besar, Sofian SH, menyerahkan dana hibah sebesar Rp 24.964.000.000 secara simbolis kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Aceh Besar.

Penyerahan dana itu sesuai dengan arahan dan instruksi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Aceh Besar di akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024, agar Pemkab Aceh Besar fokus dalam mempersiapkan agenda pesta demokrasi Pilkada yang menjadi kewajiban pemerintah daerah.

Dana hibah itu diterima Plt Sekretaris KIP Aceh Besar, Emil Wardana SE, sebagai bagian dari kewajiban Pemerintah Kabupaten dalam mendukung KIP Aceh Besar untuk suksesnya rangkaian penyelenggaraan pesta demokrasi di Aceh Besar.

Penyerahan dana hibah Rp 24 Miliar itu berlangsung di Kantor Kesbangpol Aceh Besar, Kota Jantho, Rabu 27 Desember 2023.

Sofian SH menjelaskan, jumlah dana yang diserahkan tersebut merupakan 40 persen dari total anggaran yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan Kemendagri nomor 900.1.9/5252/SJ pada tanggal 29 September 2023.

“Total anggaran yang telah ditetapkan mencapai Rp 62.410.000.000, namun untuk tahun 2023, hanya 40 persennya yang disalurkan. Sementara sisanya, yakni 60 persen, akan diserahkan pada tahun 2024 sebelum pelaksanaan Pilkada,” ungkapnya.

Ia berharap, dana tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Kelancaran Pilkada, merupakan tanggung jawab bersama antara KIP Aceh Besar dan Pemkab Aceh Besar.

Oleh karena itu, penyerahan dana hibah tersebut merupakan langkah awal untuk mendukung kelancarannya. “Kita berharap dana hibah ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, dan ini merupakan langkah awal dalam melancarkan pelaksanaan Pilkada mendatang, di Aceh Besar.

Karena demi kelancaran pesta demokrasi itu banyak hal yang kita tunda baik pembanguan maupun kegiatan lainnya, tentunya semua itu adalah demi untuk fokus dalam menyukseskan agenda demokrasi ini,” tandas Sofyan.

Sementara itu, Emil Wardana SE menyampaikan KIP Aceh Besar telah menerima dengan baik penyaluran dana tersebut. Menurut Emil, dana tersebut untuk mendukung kelancaran proses Pilkada di Aceh Besar.

“Kami bersyukur atas dukungan Pemkab Aceh Besar dengan pemberian dana hibah ini, sebagai langkah awal dalam melancarkan Pilkada 2024 mendatang, dan kami memastikan penggunaan dana ini untuk penyelenggaraan Pilkada sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Selain itu, Ia menyebutkan, dalam upaya memastikan pelaksanaan Pilkada yang kondusif, Ia mengajak setiap pemangku kebijakan untuk membantu melakukan pengawalan bersama KIP Aceh Besar.

Menurutnya, kerjasama dari berbagai instansi pemerintah sangat penting guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada. “Kerjasama yang solid antara instansi pemerintah dan KIP Aceh Besar akan memastikan bahwa proses Pemilu dapat terlaksana dalam suasana yang aman, nyaman dan kondusif,” pungkasnya.

Pengawalan bersama ini diharapkan dapat memastikan bahwa semua tahapan Pilkada berjalan dengan lancar dan aman, serta mencegah potensi gangguan yang dapat mengganggu proses demokrasi yang sedang berlangsung.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *