PT SBA Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan

  • Bagikan
PT SBA Raih Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan. Foto: Humas PT SBA

MITABERITA.com | Komitmen dan budaya K3 yang terus dipegang teguh dan menjadi acuan dalam bekerja mengantarkan PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI, periode 1 November 2019-31 Oktober 2022.

Penghargaan diberikan kepada Pabrik Lhoknga dan Packing Plant (PP) Lhokseumawe pada Kamsi 24 Agustus 2023 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh.

Pabrik SBA di Lhoknga dinilai berhasil mempertahankan lebih dari 5 juta jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019-31 Oktober 2022.

Sedangkan PP Lhokseumawe berhasil mempertahankan lebih dari 837 ribu jam kerja orang (JKO) nihil kecelakaan untuk periode 1 November 2019 – 31 Oktober 2022. Secara khusus, PP Lhokseumawe menerima Penghargaan Nihil Kecelakaan Kerja empat kali berturut-turut sejak tahun 2019.

General Manager Pabrik Lhoknga, Mochamad Anwar Bakti mengatakan, K3 merupakan budaya kerja yang terus ditanamkan oleh SBA kepada seluruh pekerjanya dan seluruh stakeholder yang berkunjung ke Perusahaan.

“Penghargaan ini akan terus menjadi pemantik semangat kami dalam menjaga K3 untuk memastikan operasional yang aman dan berkelanjutan,” ujar Mochamad Anwar Bakti, dalam rilis yang diterima MITABERITA.com, Jumat 25 Agustus 2023.

Berbagai program, pelatihan, pemantauan dan kegiatan penguatan komitmen K3 terus dilakukan secara rutin oleh perusahaan, antara lain; Perusahaan secara rutin menerapkan sistem kerja serta meningkatkan prosedur kerja aman, rutin melaksanakan simulasi tanggap darurat dan pelatihan K3.

Kemudian, konsisten melaksanakan rapat Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan kerja (P2K3), serta rutin melaksanakan Safety Observation Task untuk mengamati kesesuaian perilaku kerja/kondisi kerja baik aman maupun tidak aman di areal operasional.

Lebih lanjut, Anwar Bakti menuturkan, perusahaan juga secara konsisten melaksanakan program pengembangan dan peningkatan pengetahuan dan kompetensi K3 karyawan dan kontraktor sesuai dengan kompetensi pekerjaan, serta mensirkulasikan informasi K3 kepada seluruh pekerja dalam kegiatan Safety Gate Meeting.

“K3 merupakan tanggung jawab kita bersama, setiap orang harus memiliki perhatian, kepedulian dan berfokus terhadap aspek K3 dalam melaksanakan kegiatannya sehari-hari,” ungkapnya.

Kegiatan safety gate meeting di SBA. Foto: Humas PT SBA

“Seiring dengan Safety Golden Rules SIG: PATUH, PEDULI, dan TANGGAP. Seperti motto K3 yang selalu kami gaungkan setiap saat yaitu kita datang selamat! kita kerja selamat! kita pulang selamat! Safety Yes, Accident No, hal ini yang kita harapkan dapat dilakukan oleh seluruh pekerja dan masyarakat,” tutup Anwar Bakti.

Tentang PT SBA

PT SBA merupakan anak perusahaan dari PT Solusi Bangun Indonesia Tbk – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG. SBA memiliki kapasitas produksi 1.8 juta ton semen per tahun.

Perusahaan ini mengoperasikan pabrik terintegrasi di Lhoknga, dan fasilitas pengemasan yang berlokasi di Lhoknga, Lhokseumawe, Belawan, Batam and Dumai.

PT SBA memasarkan produk semen dengan merek Semen Andalas, berkomitmen mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa dengan inovasi dan solusi.

Sebagai mitra terpercaya, perusahaan terus berupaya tumbuh bersama masyarakat melalui lima pilar CSR yaitu: SBA Cerdas, SBA Sehat, SBA Mandiri, SBA Lestari dan SBA Peduli. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *