Memilih Jodoh yang Cinta Ibadah dan Berakhlak Mulia

  • Bagikan
Tgk H Masrul Aidi Lc MA memberikan kajian keislaman pada Halaqah rutin yang dilaksanakan pengurus TP-PKK Kabupaten Aceh Besar di Meuligo Bupati Aceh Besar, Selasa siang 8 Agustus 2023. Foto: MC Aceh Besar

MITA | Pimpinan Dayah Babul Maghfirah Cot Keueng Aceh Besar, Tgk H Masrul Aidi Lc MA, mendorong generasi muda agar mencari jodoh yang gemar ibadah, berakhlak mulia, dan setiap waktu terhindar dari perilaku maksiat.

Hal itu disampaikan Tgk Masrul Aidi, dalam Halaqah dan pengajian rutin yang dilaksanakan pengurus TP-PKK Kabupaten Aceh Besar di Meuligo Bupati Aceh Besar, Selasa siang 8 Agustus 2023.

Dalam pertemuan ke-20 tersebut, penceramah mengulas tentang “Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga yang Sakinah”.

Menurut Tgk Masrul Aidi, dalam Islam kehadiran calon suami atau istri yang gemar ibadah maupun yang berakhlak mulia sangat penting. Melalui dua bekal inilah, kehidupan berumah tangga akan dibina hingga melahirkan keturunan yang shalih serta shalihah.

“Bila orangtua didatangi calon menantu dengan memenuhi dua kriteria ini, saya sarankan agar mereka segera menikahkan anak-anaknya,” katanya.

Hal itu disampaikan Tgk Masrul Aidi mengingat untuk zaman sekarang banyak kecenderungan orangtua lebih mengutamakan calon menantu yang banyak uang dan harta, namun tidak melihat apakah gemar beribadah atau tidak.

Itu sebabnya, Ia mengharapkan orangtua muslim untuk memilih menantu yang ideal sesuai dengan tuntunan agama Islam. “Soal rezeki jangan khawatir, sebab bila kita mau berusaha, insya Allah akan tetap terbuka jalan menuju rezeki yang halal dan baik,” ucapnya.

Tgk Masrul Aidi juga mengajak orangtua muslim senantiasa mendidik putra-putri mereka dengan nilai-nilai islami, kasih sayang, sifat sosial, serta suka membantu sesama.

Contohnya, saat memberi uang jajan untuk bekal di sekolah, ajarkan kepada si anak supaya menyisihkan bantuan bila ada teman mereka yang tergolong miskin atau tak memiliki uang jajan.

“Ini merupakan pelajaran yang sangat bagus untuk melatih nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama,” kata Tgk Masrul.

Keluarga yang harmonis, sakinah, mawaddah dan rahmah adalah dambaan setiap umat Islam. Oleh sebab itu, ia berulangkali menekankan tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai kebaikan dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.

Ia menambahkan, sangat disayangkan bila masih ada di antara umat Islam yang malas beribadah dan tak mendidik anak-anak mereka dalam nuansa keislaman. “Mari kita selalu berupaya menghadirkan keluarga yang sakinah dan penuh dengan amal-amal kebaikan,” demikian harap Tgk Masrul Aidi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *