Selamat! SDM IAIN Takengon Diperkuat dengan Sembilan Doktor

  • Bagikan
Rektor IAIN Takengon Zulkarnain sambut kedatangan para dosen yang telah selesaikan studi S3. (Foto: Kemenag)

MITA | Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon dalam beberapa tahun terakhir berbuah hasil.

Kampus yang berada di dataran tinggi Gayo itu kembali diperkuat oleh sembilan doktor yang telah menyelesaikan pendidikan S3 nya di berbagai kampus.

Sebelumnya, pada tahun 2021 lalu, IAIN Takengon juga berhasil mengantarkan 17 tenaga pengajarnya menyelesaikan jenjang pendidikan tertinggi. Kini, mereka kembali ke kampus untuk mengabdi dan mengembangkan IAIN Takengon.

Kehadiran sembilan doktor baru di IAIN Takengon ini disambut dengan prosesi adat tepung tawar atau peusijuk. Seremonial ini berlangsung di kampus IAIN Takengon, Selasa 11 Juli 2023.

Rektor IAIN Takengon Zulkarnain, menyampaikan kegiatan peusijuk saat ini adalah kali kedua kali yang dilaksanakan kampusnya dalam rangka menyambut kehadiran para dosen yang telah menyelesaikan studi S3. Pada 2021, hal sama dilakukan 17 dosen yang telah menyelesaikan doktoralnya.

“Ini peusijuk kepada sahabat-sahabat kami yang telah selesai dari program studi Doktornya, sekarang sudah kembali ke kampus untuk aktif bertugas,” kata Zulkarnain.

Dari sembilan Doktor baru tersebut, dua di antaranya bertugas sebagai Dosen Fakultas Syariah. Selebihnya adalah pengajar di Fakultas Tarbiyah.

“Saat ini masih ada sekitar 17 orang lagi yang sedang menyelesaikan S3. Dua di antaranya di luar negeri,” ungkapnya.

Program peningkatan kapasitas SDM ini, kata Zulkarnain, akan terus dilakukan IAIN Takengon. Pada 2024, pihaknya telah memprogramkan untuk memberi kesempatan kepada 11 dosen meneruskan pendidikan ke jenjang S3.

Mereka terdiri atas sembilan Dosen Tarbiyah dan tiga dosen di Fakultas Syariah. “Semoga mereka semua lulus di program S3, mendapat beasiswa umpamanya dari LPDP dan lainnya,” harapnya.

Berikut sembilan Doktor baru di IAIN Takengon:

1. Dr. Maulida, M. Ed.

2. Delfia Herwanis, M. Pd., Ph. D.

3. Dr. Ibnu Qodir, M.S.I

4. Dr. Muhammad Riza, MA

5. Dr. Ansor, M. Pd. I

6. Dr. Muhammad Hatta, MA

7. Dr. Eliyyil Akbar, M.Pd.I

8. Dr. Rahayu Subakat, MA

9. Dr. Addahri Hafidz Awlawi, M. Pd.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *