Diskominfo Aceh Besar Dukung Pemanfaatan PDN untuk SPBE

  • Bagikan
Sekretaris Diskominfo Aceh Besar Khairul Huda mengikuti Rakor Pemanfaatan PDN untuk mendukung SPBE secara virtual, di Kota Jantho, kamis 27 Juli 2023. Foto: Diskominfo Aceh Besar

MITA | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Besar mendukung pemanfaatan Pusat Data Nasional (PDN) guna mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aceh Besar Abu Bakar melalui Sekretaris Diskominfo Khairul Huda, saat zoom meeting dengan Kemenkumham RI dari Kota Jantho, Kamis 27 juli 2023.

Khairul Huda mengatakan zoom meeting yang digelar Kemenkumham RI dari Yogyakarta tersebut bertujuan untuk Sinkronisasi dan Koordinasi dalam rangka mendorong pemanfaatan PDN guna mendukung SPBE.

“Diskominfo Aceh Besar sangat mendukung upaya tersebut, sehingga PDN ini berguna untuk mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,” ujarnya. 

Menurutnya, dalam Peraturan Presiden No 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, disebutkan tujuan SPBE untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

“Tatakelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik,” katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Informasi, Komunikasi dan Aparatur Kemenkumham RI Dr Arif Mustofa mengatakan SPBE bukan hanya sekedar penggunaan aplikasi atau sistem informasi dalam pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan. 

“Lebih dari itu, SPBE meliputi beberapa domain antara lain domain kegiatan pemerintahan, teknologi dan informasi serta layanan,” sebutnya.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *