6 Destinasi Wisata di Kota Langsa

  • Bagikan
Bangunan Balee Juang (Balai Juang) peninggalan kolonial Belanda di pusat Kota Langsa, Provinsi Aceh. (Foto: indonesiaheritage-cities.org)

MITA | Kota Langsa, salah satu kota yang berada di pesisir timur Provinsi Aceh, Indonesia, dengan jarak lebih kurang 400 km dari pusat ibukota Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh.

Daerah dengan luas 239,8 km tersebut mulai diangkat statusnya sebagai Kota Langsa berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 tanggal 21 Juni 2001. Kota Langsa ditempati oleh 185.622 jiwa berdasarkan data tahun 2021.

Kota yang terkenal sebagai kota pendidikan, kota perdagangan, kota kuliner, dan kota wisata tersebut, ditetapkan hari jadinya pada tanggal 17 Oktober 2001, tak lama setelah diangkat statusnya.

Saat ini, Kota Langsa dikenal dengan dunia karena memiliki hutan manggrove yang sangat luas di daerah Kuala Langsa. Lokasi itu bahkan sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi warga setempat dan wisawatan yang datang ke Kota Langsa. 

Jika Anda sedang berada di Kota Langsa, jangan lewatkan 6 destinasi wisata berikut ini:

1. Hutan Mangrove Kota Langsa

Hutan dengan luas ribuan hektare ini menjadi salah satu paru-paru dunia. Keberadaan Hutan Mangrove di Kota Langsa bahkan disebut-sebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Suasana di Hutan Mangrove Kota Langsa ini sangat sejuk. Di lokasi tersebut juga telah dibangun infrastruktur berupa jembatan kayu bagi pejalan kaki dan spot foto yang bisa ditemukan di sepanjang jembatan.

Lokasi wisata ini juga aman dan nyaman, sehingga para wisatawan tidak perlu khawatir. Setiap Sabtu-Minggu, Hutan Mangrove juga ramai dikunjungi warga termasuk wisatawan yang sedang mampir di Kota Langsa atau memang khusus untuk berkunjung ke Hutan mangrove.

Hutan Mangrove Kota Langsa. (Foto: wonderfulimages.kemenparekraf.go.id)

2. Hutan Lindung

Berkunjung ke Hutan Lindung juga sangat asyik. Selain udara yang sejuk dengan berbagai jenis pepohonan yang rindang, Hutan Lindung juga tersedia spot foto bagi anda yang suka mencari spot foto yang instagramble.

Jika sedang berada di Kota Langsa, Hutan Lindung bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan kunjungan Anda. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari inspirasi atau sekedar ingin melepas penat. Lokasinya juga jauh dari hiruk-pikuk kota yang penuh polusi.

Selain tempat dengan udara yang sejuk, di Hutan Lindung juga tersedia tempat edukasi. Dengan hutannya yang hijau dan masih asri ini, Anda juga bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk melihat berbagai jenis hewan yang berada di HUtan Lindung.

3. Pantai Kuala Parek

Selain hutan, Langsa juga memiliki destinasi wisata pantai atau wisata bahari. Lokasinya berada di Pantai Kuala Parek, yang mena pantai ini menawarkan pasir putih dengan laut biru dan jernih yang menyejukkan mata.

Suasana di Pantai Kuala Parek ini sangat tenang. Alamnya masih sangat asri dan cocok bagi Anda yang suka dengan suasana pantai yang jauh dari keramaian orang. Lokasi pantai ini terletak di sebuah pulau kecil di Langsa, dan yang paling penting, pulau ini juga menawarkan sunset yang sanga bagus.

4. Pulau Teulaga Tujoh

Selain Pantai Kuala Parek, Langsa juga memiliki destinasi wisata pantai lainnya, yaitu Pulau Teulaga Tujoh. Tempat ini sangat nyaman dan alamnya masih sangat alami. Jika berada di Langsa, cobalah mengunjungi Pulau Teulaga Tujoh, dan nikamatilah betapa indah ciptaan Tuhan.

5. Mutiara Water Park

Bukan hanya destinasi wisata pantai, di Kota Langsa juga ada wahana pemandian air tawar modern. Mutiara Water Park bisa menjadi pilihan bagi Anda yang takut terkena air asin karena kulitnya jadi kusam terkena teriknya paparan sinar matahari.

Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dan anak-anak ke tempat yang satu ini tentu bisa menjadi pilihan tepat. Waterpark ini juga dilengkapi sejumlah seluncuran yang membuat waktu bermain air Anda semakin seru.

6. Balee Juang

Selain sejumlah destinasi wisata di atas, ada juga tempat lain yang bisa dikunjungi yaitu Balee Juang, gedung yang menjadi salah satu wisata sejarah di Kota Langsa.

Balee Juang ini diyakini bakal memeberikan nuansa berbeda kepada pengunjung, jika dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya yang telah disebutkan tadi.

Gedung ni menyajikan pengalaman sejarah yang menjadi salah satu saksi bisu perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Gedung Balee Juang merupakan gedung peninggalan masa Kolonial Belanda yang didirikan pada tahun 1920.

Gedung ini dulu merupakan kantor perusahaan perkebunan dan sempat menjadi kantor Bappeda Kabupaten Aceh Timur. Kini, gedung tersebut telah menjadi museum, yang diresmikan pada tahun 2019 lalu.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini tentu tidak sulit menemukannya. Gedung Balee Juang ini berlokasi di persimpangan lampu merah Jalan Ahmad Yani, Kota Langsa

Lokasinya sangat strategis, berada di pusat Kota Langsa, tepatnya di depan Kantor Pos Kota Langsa, tidak jauh dari Lapangan Merdeka.

Sumber: MITABERITA.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *